Ini Alasan Mengapa Surat Lamaran Kerja Ditolak Perusahaan


Unfortunately rasanya ketika usaha pencarian kerja tidak berbuah hasil. Ironisnya, setelah lebih dari beberapa bulan menunggung panggilan kerja dari perusahaan yang dilamar. Namun panggilan kerja juga tak kunjung datang. Nasib oh nasib… There is something wrong, ya mungkin ada sesuatu yang salah dengan surat lamaran kerja yang membuat anda tidak kunjung dipanggil untuk wawancara kerja. Inilah yang mungkin menjadi alasan mengapa surat lamaran kerja ditolak oleh perusahaan yang anda incar.

Pertambahan populasi jelas tidak seimbang dengan jumlah penampungan kerja (perusahaan swasta, instansi pemerintah, dll). Hal ini membuat lapangan pekerjaan semakin sempit dan persaingan kerja yang semakin ketat. Pada kondisi ini, perusahaan tentunya akan sangat selektif dalam memilih calon karyawan baru. Agar anda tidak gagal pada tahapan ini, pastikan tidak melakukan kesalahan yang menjadi alasan perusahaan menolak lamaran kerja anda.

alasan surat lamaran kerja ditolak perusahaan, penyebab surat lamaran kerja ditolak
Ada beberapa alasan mengapa surat lamaran pelamar kerja ditolak oleh perusahaan. Berdasarkan beberapa informasi dari berbagai sumber situs informasi lowongan kerja online. Berikut ini setidaknya 5 alasan penyebab surat lamaran kerja pelamar di tolak oleh perusahaan.

5 Alasan Surat Lamaran Kerja Ditolak

  1. Tidak Sesuai Kualifikasi
    Alasan pertama yang sangat memungkinkan mengapa surat lamaran kerja ditolak ialah karena tidak sesuai kualifikasi. Misalnya, jika perusahaan A mencari calon karyawan dengan kualifikasi S1 dan berpengalaman minimal 3 tahun dibidang tertentu. Sedangkan anda baru lulus S1 dan belum berpengalaman. Maka kemungkinan besar surat lamaran anda ditolak oleh perusahaan karena tidak memenuhi kualifikasi yang mereka cari.

    Solusi untuk kondisi diatas adalah, carilah lowongan kerja khusus untuk fresh graduate yang pastinya sesuai dengan kualifikasi anda. Hal ini memungkinkan tidak adanya alasan bagi perusahaan untuk menolak lamaran anda.
  2. Tidak Melengkapi Persyaratan Administrasi
    Alasan kedua mengapa surat lamaran kerja ditolak adalah tidak lengkapnya syarat-syarat administrasi yang diminta oleh perusahaan. Kesalahan dalam mencari pekerjaan seperti ini sering terjadi ketika pelamar terburu-buru dalam mempersiapkan lamaran kerja. Misalnya lupa melengkapi aplikasi kerja dengan foto, atau materai, atau resume, atau surat lamaran, atau ijazah, atau transkrip nilai dll.

    Kesalahan dalam melengkapi syarat administrasi yang diminta perusahaan tentunya akan membuat surat lamaran ditolak dan anda gagal untuk menghadapi wawancara kerja. Untuk menghindari kesalahan dari kecerobohan seperti contoh diatas. Pastikan anda melakukan crosscheck berulang untuk aplikasi kerja yang akan anda kirim ke perusahaan.
  3. Resume Tidak Relevan.
    Resume atau cv merupakan media bagi perusahaan dalam menilai kandidat atau pelamar secara sekilas. Resume yang menarik pastinya akan memberikan kesempatan pelamar untuk diundang pada wawancara kerja. Demikian sebaliknya.

    Salah satu penyebab yang menjadi alasan mengapa surat lamaran kerja ditolak oleh perusahaan ialah karena resume tidak relevan dengan posisi yang dilamar. Untuk menghindari kesalahan ini, buatlah resume yang menarik dan tidak terlalu panjang dan pastinya relevan dengan posisi yang dilamar. (Baca cara membuat resume yang baik).

    Pastikan anda membuat resume tidak lebih dari 2 halaman A4, menggunakan huruf standar dan hanya menyebutkan prestasi dan pengalaman kerja yang relevan meskipun anda memiliki banyak prestasi dan pengalaman kerja.
  4. Tidak Mencantumkan Kontak
    Tidak mencantumkan kontak pada surat lamaran kerja dapat menjadi penyebab mengapa surat lamaran kerja ditolak. Seperti anda ketahui, kontak seperti alamat lengkap, nomor hp, email dan sejenisnya merupakan informasi penting untuk perusahaan dalam mengontak pelamar.

    So, pastikan surat lamaran kerja ditulis dengan benar sesuai tata cara penulisan surat lamaran kerja (lihat cara menulis surat lamaran kerja yang benar). Pastikan hal-hal penting seperti informasi kontak pelamar tidak lupa dicantumkan pada surat lamaran. Hindari melakukan copy paste tanpa melihat ulang secara detail informasi kontak, format surat, bahasa surat dan hal penting lainnya.
  5. Peserta Lain Yang Lebih Qualified
    Alasan terakhir mengapa anda tidak kunjung dipanggil perusahaan adalah karena kemungkinan perusahaan telah mendapatkan kandidat yang lebih qualified dari anda. Salah satu tips yang bisa dilakukan pelamar agar segera mendapat kabar dari perusahaan yang dilamar adalah dengan cara menindak lanjuti surat lamaran kerja dengan menghubungi perusahaan yang dilamar.
    Tips ini memungkinkan perusahaan mengingat anda sebagai salah satu dari ribuan kandidat yang melamar. Jika pun perusahaan tidak memanggil anda, maka tetaplah bersemangat dalam mencari kerja. Mungkin rezeki anda tidak pada perusahaan tersebut tapi pada perusahaan lainnya.
Semoga informasi alasan mengapa lamaran kerja ditolak perusahaan ini dapat menjadi tambahan informasi khususnya untuk anda yang ingin mengirim lamaran kerja agar tidak ditolak perusahaan. Salam sukses.


Suka artikel ini ? Bagikan ke :

Google+

Plus One
0 komentar
Ini Alasan Mengapa Surat Lamaran Kerja Ditolak Perusahaan