Tips Menulis CV (Curriculum Vitae) Lamaran Kerja Yang Baik


Membuat CV yang baik merupakan keharusan bagi calon pelamar kerja. CV atau curriculum vitae yang menarik tentunya akan memberi kesempatan pelamar untuk panggilan interview dan mungkin bekerja pada perusahaan yang di lamar. Sebaliknya jika cv anda jelek, maka kemungkinan anda tidak mendapatkan kesempatan interview kerja. Justru itu, membuat cv yang menarik adalah tugas anda pelamar kerja.

CV adalah dokumen penting yang disertakan bersama surat lamaran kerja dalam melamar pekerjaan. Dokumen ini umumnya menjadi salah satu syarat yang ditentukan perusahaan bagi pelamar. Melalui dokumen ini, perusahaan akan menilai apakah anda adalah orang yang tepat untuk mengisi posisi yang ditawarkan perusahaan atau tidak. Membuat cv yang menarik dengan memberi informasi pribadi, pendidikan, pengalaman yang dicantumkan dalam cv adalah menjadi salah satu tolak ukur bagi perusahaan.

CV merupakan dokumen yang menjelaskan secara rinci tentang latar belakang pelamar kerja. Informasi pendidikan, pengalaman kerja, pencapaian dalam karir dan akademik serta informasi lainnya dirangkum secara detail dan mendalam. Banyak model cv ditulis dalam bentuk kronologis atau berdasarkan kemampuan (Skill Based). Semua data pelamar juga tidak dibatasi oleh hal-hal spesifik di bidang tertentu saja.

tips menulis cv yang baik, membuat cv yang bagus, template cv, cv dan resume, model cv terbaru
Kondisi di atas tentunya sedikit berbeda dengan Resume (Baca Apa itu Resume). Dimana informasi yang ditulis di dalam resume lebih bersifat promosi dan hanya yang relevan dengan bidang pekerjaan yang dilamar. Di beberapa negara seperti USA, CV dan Resume adalah sama. Sedangkan di Indonesia, CV dan resume memiliki sedikit perbedaan seperti penjelasan diatas.

Cara Membuat CV Kerja Yang Baik

Tentu banyak sekali model cv sekarang ini yang bisa kita dapatkan secara mudah di internet dari berbagai sumber. Dan anda pun dapat memilih standar dan template cv yang disukai. Namun demikian, secara umum cv yang baik adalah cv yang di buat sesuai target pekerjaan. Informative dan ringkas, mudah dibaca dan tidak sempit, serta tidak ada kesalahan gramtikal seperti kesalahaan penulisan, ejaan dan lainnya.

Adapun panjangnya penulisan cv adalah tidak lebih dari 3 halaman A4. Anda pun dapat mengupdate cv anda dengan informasi tambahan seperti penambahan informasi pelatihan yang diikuti, kursus yang diikuti dan informasi lainnya yang menynagkut dengan perkembangan kapasitas diri pelamar.

CV yang baik ditulis dengan format standar dan menggunakan huruf standar seperti Times New Roman, Arial, Calibri. Anda dapat mencari tahu lebih lanjut mengenai huruf standar ini.

Apa Saja Poin Dalam CV Lamaran Kerja

CV yang bagus adalah cv yang didalamnya mengandung minimal 6 poin penting antara lain:
  1. Informasi Pribadi.
    Informasi pribadi dalam cv berupa nama lengkap, alamat tempat tinggal, tempat tanggal lahir atau usia, nomor kontak, dan email. Beberapa cv juga menambahkan foto pelamar pada sudut kanan atas cv. Akan tetapi hal ini tidak terlalu penting terkecuali anda melamar pekerjaan sebagai model atau artis.
  2. Pendidikan.
    Informasi pendidikan adalah poin yang selalu tercantum dalam cv. Anda dapat membuat daftar jenjang pendidikan formal berupa tahun masuk dan tamat. Anda juga dapat menambahkan informasi lain yang menyangkut pendidikan non formal seperti pelatihan dan kursus.
  3. Pengalaman Kerja.
    Pengalaman kerja selalu menjadi tolak ukur perusahaan dalam menilai calon pelamar. Jika anda memiliki banyak pengalaman kerja, maka pilihlah yang lebih spesifik dengan pekerjaan yang anda lamar. Namun jika tidak memiliki pengalaman kerja, maka tulis saja pengalaman anda bekerja bakti di organisasi yang menyangkut dengan public relations.
  4. Prestasi Yang Dicapai.
    Tuliskan juga prestasi yang pernah anda capai selama bekerja. Misalnya anda pernah menjadi sales marketing dan berhasil malakukan pemasaran 100 juta setiap bulannya. Maka uraikan prestasi anda dengan bahasa yang baik dalam kalimat yang enak dibaca.
  5. Kemampuan atau Skill.
    Kemampuan atau skill yang dimiliki pelamar akan menjadi tolak ukur perusahaan dalam merekrut karyawan. Kemampuan atau skill dasar seperti skill dibidang IT, komputerisasi (Microsoft Office), dan bahasa sering kali dimintak perusahaan sebagai syarat yang menjadi perhatian mereka. Bila anda kurang dalam bidang ini, maka seudah seharunya dikembangkan mulai sekarang.
  6. Referensi.
    Referensi adalah informasi tambahan sebagai penanggung jawab atas informasi yang sudah dituliskan dalam cv. Beberapa perusahaan tidak terlalu mempersoalkan hal ini. Beberapa model cv, referensi di urai dengan rinci. Namun cv model terbaru kebanyakan pelamar menulis "Tersedia apabila dibutuhkan".
Beberapa cv juga menambahkan informasi Hobby pada cv mereka. Informasi ini sebenarnya tidak terlalu penting bagi perusahaan. Namun anda dapat menambahnya jika hobby anda memiliki hubungan yang relevan dengan pekerjaan yang anda lamar.

Demikian ringkasan tentang tips menulis cv lamaran kerja yang baik, semoga menjadi informasi tambahan yang bermanfaat untuk pencari kerja yang sedang mempersiapkan cv untuk melamar pekerjaan. Untuk menambah pengetahuan anda seputar cv dan dunia kerja, silahkan cari informasi lainnya di situs informasi lowongan kerja lainnya. Terimakasih


Suka artikel ini ? Bagikan ke :

Google+

Plus One
0 komentar
Tips Menulis CV (Curriculum Vitae) Lamaran Kerja Yang Baik