Tips Mempersiapkan Wawancara Kerja Untuk Calon Karyawan


Wawancara kerja sering menjadi momok yang menakutkan untuk calon pekerja yang akan menghadapi wawancara. Perasaan takut, deg-degan yang bercampur baur merupakan hal yang wajar dirasakan oleh interviewee. Apalagi bagi interviewee yang baru pertama kali menghadapi proses wawancara kerja. Satu-satunya cara untuk menghilangkan rasa takut yang berlebihan ini adalah dengan cara mempersiapkan diri sebelum menghadapi wawancara.

Ada banyak tips dan kiat mempersiapkan diri untuk menghadapi wawancara kerja yang bisa dilakukan oleh pencari kerja. Beberapa diantaranya yang terpenting akan kita bahas dalam artikel ini.

tips mempersiapkan wawancara kerja, cara mempersiapkan diri menghadapi wawancara kerja, kiat wawancara kerja sukses
Wawancara kerja adalah tahapan terakhir yang sangat menentukan bagi pencari kerja. Artinya, pelamar telah lulus administrasi dan psikotes dan akan menghadapi wawancara sebagai tahapan terakhir. Ada juga perusahaan yang tidak melakukan psikotes dan memadai dengan lulus administrasi saja, dan pelamar yang lulus administrasi akan dipanggil untuk interview atau wawancara.

Jika anda melamar di perusahaan BUMN seperti BRI, Pertamina dan Persero lainya, umumnya pelamar akan menghadapi tahapan psikotes. Pelamar yang lulus psikotes akan dipanggil untuk wawancara kerja. Karena wawancara adalah proses terakhir, maka sudah seyogyanya anda mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi wawancara kerja dengan maksimal.

Berikut ini beberapa tips atau kiat untuk mempersiapkan diri menghadapi wawancara kerja yang dapat menjadi tambahan untuk anda yang sedang mempersiapkan diri menghadapi wawancara.

Tips Mempersiapkan Diri Menghadapi Wawancara Kerja

  1. Cari Tahu Tentang Perusahaan Yang Dilamar.
    Tahapan awal yang perlu dipersiapkan oleh interviewee yang akan menghadapi wawancara kerja adalah mencari tahu sedetail mungkin tentang perusahaan yang dilamar. Dalam mengumpulkan informasi tentang perusahaan yang dilamar, pelamar dapat menggunakan Google, atau bertanya langsung ke pegawai yang anda kenal dan bekerja di perusahaan tsb.

    Cari tahu tentang profile perusahaan, bergerak dibidang apa, pendirinya siapa, sejak tahun berapa, dan informasi lainnya yang menyangkut dengan gerak perusahaan yang anda lamar. Hal ini pastinya akan sangat membantu anda dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan interviewer nantinya.
  2. Prediksi Pertanyaan Wawancara.
    Setelah mengetahui tentang perusahaan, langkah berikutnya yang harus anda latih adalah bermain dengan memprediksi pertanyaan yang mungkin akan dimainkan oleh interviewer. Misalnya; mengapa anda melamar di perusahaan X? Mengapa anda tertarik bekerja di perusahaan X? dan pertanyaan lainnya yang mungkin akan ditanyakan.

    Jika dibutuhkan. Buatlah daftar prediksi pertanyaan wawancara kerja sebanyak jawaban yang sudah anda temukan dari mencari informasi tentang perusahaan sebelumnya. Lalu baca berulang-ulang daftar prediksi pertanyaan tersebut diwaktu senggang anda untuk melatih diri. Langkah ini tentunya akan membatu memperlancar proses wawancara kerja yang akan anda hadapi nantinya.

    Selain itu, persiapkan juga prediksi pertanyaan yang menjebak saat interview kerja. Semakin banyak anda membuat permasalahan dalam memprediksi pertanyaan-pertanyaan ini, maka tentunya akan semakin mudah anda menghadapi interview nantinya.
  3. Istirahat Lebih Awal.
    Jika besok adalah hari H untuk anda menghadapi wawancara kerja. Maka upayakan tidur lebih cepat dan bangun lebih awal. Sehingga paginya anda tidak akan terburu-buru mempersiapkan diri menjumpai HRD karena janji interview.

    Tips yang paling baik untuk poin ini adalah tidur jam 9 malam atau setelah shalat Insya', dan bangun jam 5 pagi atau sebelum shalat Subuh. Dengan cara ini, anda punya waktu untuk mereview kembali tentang persiapan sebelumnya sudah anda persiapakan seperti membaca kembali daftar prediksi pertanyaan yang sudah anda buat.
  4. Pilih Pakaian Yang Formal.
    Jika perusahaan yang anda lamar tidak menentukan model pakaian yang dipakai saat interview. Maka pakailah pakaian formal saja. Pakaian formal; dengan baju lengan panjang lebih bagus ditambah jas, celana panjang dan bukan jeans, tali pinggang, kemudian sepatu dengan warna gelap yang sudah di semir (bukan sepatu bot atau sport).

    Hindari memakai aksesories terlalu banyak. Misalnya memakai cincin terlalu banyak, gelang terlalu banyak atau aksesories lainnya yang dapat membuat penampilan anda mencolok saat interview kerja.

    Selain itu, hindari juga memakai parfum yang baunya menyengat. Sebaiknya, sediakan parfum yang baunya lebih soft dan tidak menyengat. Memakai wewangian yang terlalu banyak atau menyengat juga akan mengganggu penampilan anda. Penampilan yang terlalu over akan merusak suasana interview. Cara berpakaian akan menggambarkan karakter anda. Jadi sudah sepatutnya anda mempersiapkan pakaian yang bersih, rapi, formal layaknya seorang pekerja yang baik.
  5. Datang Lebih Awal.
    Datang lebih awal ke tempat interview tentunya sudah menjadi tips mempersiapkan wawancara kerja yang umum diketahui. Datang lebih awal dimaksudkan agar anda tidak terjebak macet dan bisa menghadapi wawancara dengan tenang. Jadi anda tidak terburu karena datang terlambat.

    Tidur lebih awal, dan bangun lebih cepat tentunya persiapan yang baik agar anda tidak terlambat saat interview. So, upayakan anda lebih awal 15 atau 20 menit sebelum wawancara dimulai.
  6. Perlihatkan Sikap Yang Ramah.
    Perlihatkanlah sikap yang ramah saat anda tiba di tempat interview atau saat interview. Ketuklah pintu dengan mengucapkan salam, dan masuk ketika dipersilahkan. Mulailah menyapa lebih awal, walau hanya dengan sapaan "Apa khabar pak/ibu?". Hal ini tentunya akan memberi kesan yang positif bagi anda. HRD atau pihak perusahaan akan menilai anda adalah tipe orang yang ramah, komunikatif dan menyenangkan. Mau ya!!!!
  7. Rilek dan Serius Saat Wawancara Kerja.
    Hindari menjawab pertanyaan interviewer dengan terburu-buru. Usahakan anda rilek, dan serius saat interview kerja. Berilah senyum sesekali dan lakukan kontak mata saat interviewer menanyakan pertanyaan.
  8. Jangan Berbelit-Belit Saat Menjawab Pertanyaan.
    Saat sesi interview, pastikan anda menjawab setiap pertanyaan dengan ringkas dan jelas. Hindari penjelasan yang terlalu panjang sehingga membuat suasana interview yang mengesalkan bagi interviewer.

    Jawablah pertanyaan dengan jujur dan to the poin apa yang ditanyakan sesuai dengan pengetahuan anda. Jika interviewer meminta anda untuk menjelaskan, maka jelaskan secara ringkas, padat dan mudah dimengerti serta tidak berbelit-belit.
  9. Berdoa Kepada Allah SWT.
    Berdoa adalah kegiatan yang dapat anda lakukan kapan saja. Poin ini tidak dimaksudkan untuk dilakukan hanya pada saat anda menghadapi masa genting saja. Namun, karena anda akan menghadapi masa sulit yang membuat jantung anda terus berdetak kencang karena perasaan takut. Maka perbanyak berdoa semoga anda bisa sukses menghadapi wawancara kerja nantinya.
Demikianlah ringkasan tentang tips mempersiapkan wawancara kerja untuk calon karyawan, semoga menjadi tambahan informasi yang bermanfaat khususnya untuk anda yang sedang mempersiapkan diri menghadapi wawancara kerja. Terimakasih dan sukses untuk anda.


Suka artikel ini ? Bagikan ke :

Google+

Plus One
0 komentar
Tips Mempersiapkan Wawancara Kerja Untuk Calon Karyawan