Tips Mendapatkan Pekerjaan Tanpa Pengalaman Kerja


Cara mendapatkan pekerjaan tanpa pengalaman kerja sekarang ini terasa sangat sulit ya!. Ooupps!!! Tunggu dulu, tidak sesulit anda bayangkan, setelah anda mempelajari bagaimana cara mendapatkan pekerjaan walau anda tidak memiliki pengalaman kerja sama sekali sebelumnya.

Mendapatkan pekerjaan tanpa pengalaman kerja sebenarnya gampang-gampang susah, tapi tidak sulit. Apalagi jika anda di usia produktif atau mahasiswa. Asalkan anda mau sedikit kreatif dan rajin mencari lowongan pekerjaan, maka Cikerja sangat yakin mendapatkan pekerjaan tanpa pengalaman bukan masalah untuk anda. Pasalnya, ada banyak orang yang senang mempekerjakan pekerja di usia produktif seperti anda.

Ada banyak jenis pekerjaan part time yang justru tidak memprioritaskan pengalaman kerja bagi pencari kerja. Pekerjaan seperti yang pernah kita bahas pada artikel cara mencari lowongan kerja part time misalnya. Tentu saja sebagian besarnya sangat cocok untuk para fresh gradute atau pemula yang memang belum memiliki pengalaman kerja sama sekali.

Namun jika usia anda sudah melewati masa produktif atau sudah dua kepala dalam istilah lainnya, maka kondisi ini memang sedikit lebih sulit. Anyhow, beberapa tips dibawah ini setidaknya dapat membantu anda dalam mencari pekerjaan tanpa pengalaman kerja sebelumnya.

tips mendapatkan pekerjaan tanpa pengalaman kerja, bagaimana cara bekerja tanpa pengalaman, tidak memiliki pengalaman kerja

6 Cara Mendapatkan Pekerjaan Tanpa Pengalaman

  1. Bekerja Sebagai Relawan.
    Menjadi pekerja relawan memang tidak bisa diandalkan untuk penghasilan. Namun, tidak sedikit dari anggota sebuah organisasi volunteer yang justru bekerja permanen setelah bergabung dengan group relawan. Jika, pencari kerja merasa sulit mendapatkan pekerjaan karena tidak memiliki pengalaman kerja. Tips bekerja sebagai relawan mungkin bisa menjadi tongkat estafet pertama yang bisa dilakukan. Meskipun sebagai relawan gaji anda tidak sebanding dengan usaha anda. Namun cara ini bisa membuka peluang untuk anda dalam mendapatkan pekerjaan.
  2. Reseach Lowongan Kerja.
    Cara kedua mendapatkan pekerjaan tanpa pengalaman kerja bisa dilakukan dengan cara reseach atau cari lowongan kerja yang sesuai dengan kapasitas anda dan tidak memprioritaskan pengalaman kerja. Anda bisa melakukannya dengan bertanya ke teman, membaca koran, atau menggunakan internet untuk mencari lowongan pekerjaan di kota anda.
  3. Gunakan Cara Kreatif Mendapat Pekerjaan.
    Jika perlu, anda bisa menggunakan cara-cara kreatif dalam mencari pekerjaan. Untuk menambah pengetahuan kita tentang bagaimana mencari lowongan kerja yang kreatif, anda dapat melihat kembali postingan tentang cara mencari pekerjaan paling kreatif.
  4. Tunjukkan Inisiatif dengan Ketrampilan dan Bakat.
    Beberapa pekerjaan mebutuhkan ketrampilan di bidang khusus. Lihat bakat dan ketrampilan anda, jika perlu list ketrampilan yang anda miliki. Tawarkan jasa kepada perusahaan yang menjadi target anda secara cuma-cuma. Hal ini dapat dilakukan untuk menarik perhatian perusahaan yang menjadi target anda.

    Beberapa pengalaman pekerja, mereka mendapat tawaran kerja dengan melakukan tips ini. So, tidak ada salahnya jika anda mencoba melakukan tips ini walaupun anda tidak memiliki pengalaman kerja sebelumnya.

    Atau anda dapat melakukan pencarian lowongan kerja yang sesuai dengan bakat dan ketrampilan yang anda miliki. Lihatlah perusahaan yang tidak terlalu memprioritaskan pengalaman kerja.
  5. Kirim Lamaran Kerja.
    Jika mendapatkan informasi lowongan kerja yang sesuai dengan harapan anda. Maka buatlah surat lamaran kerja dan langsung kirim ke perusahaan tsb. Buatlah surat lamaran kerja sebaik mungkin (profesional) walaupun anda tidak memiliki pengalaman kerja. Ada banyak sekali contoh surat lamaran kerja profesional di internet yang dapat dijadikan referensi dalam membuat lamaran kerja.

    Pastikan anda membuat lamaran kerja sesempurna mungkin. Hindari kesalahan sekecil apapun seperti kesalahan ejaan, huruf dan lain-lain. Kesalahan dalam membuat surat lamaran bisa berakibat fatal untuk hasil dari usaha anda.
  6. Follow Up Lamaran Kerja.
    Teke action untuk memfollow up ststus lamaran kerja anda. Perusahaan tidak bisa mengingat satu per satu dari pelamar kerja. Memfollow up status lamaran kerja tentu akan memberi alert untuk perusahaan dalam mengingat surat lamaran kerja. Selain itu, memfollow up akan memberi sinyal kepada perusahaan jika anda benar-benar semangat untuk bekerja di perusahaan tsb.

    Namun demikian, anda sebaiknya mempelajari cara memfollow up lamaran kerja dengan baik dan tepat pada artikel sebelumnya atau melalui referensi lain yang terpercaya.
Ketrampilan kerja bisa ditingkatkan saat pekerja berkontribusi di perusahaan tempat mereka bekerja. Inilah alasan mengapa tidak sedikit perusahaan yang mau menerima pekerja meskipun tidak memiliki pengalaman kerja sebelumnya. Nah, jika anda sudah mendapatkan apa yang menjadi keinginan anda, maka sudah seharusnya anda belajar untuk terus meningkatkan ketrampilan di tempat anda bekerja sekarang ini atau nantinya.

Semoga sharing tips mendapatkan pekerjaan tanpa pengalaman kerja ini bisa menjadi referensi dan tambahan informasi khususnya untuk anda yang mencari pekerjaan di perusahaan yang tidak memprioritaskan pengalaman kerja. Semoga sukses.


Suka artikel ini ? Bagikan ke :

Google+

Plus One
1 komentar
Tips Mendapatkan Pekerjaan Tanpa Pengalaman Kerja

Assalamualaikum... Bismillahirahmanirrahim... senang sekali saya bisa menulis
dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sementara kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anak-anaknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan Mbah Saroh hidupnya kembali sukses,
awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
dan melihat langsung hasilnya, `
saya akhirnya bergabung dangan mengunjungi website di www.pesugihanputihuanggaib.xtgem.com semua petunjuk mbah saroh saya ikuti dan hanya 2 hari astagfirullahallazim,
alhamdulilah demi allah dan anak saya,
akhirnya uang gaib 5m yang saya pesan benar benar ada di tangan saya,
semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
kini saya kembali sukses terimaksih Mbah Saroh saya tidak akan melupakan jasa mbah. yakin dan percaya insya allah,
saya sudah buktikan demi allah silakan kunjungi website di www.pesugihanputihuanggaib.xtgem.com atau KLIK DISINI anda juga dapat menghubungi beliau melalui telepon, sms atau whatsApp: 0853 9774 5894