Bagaimana Cara Menindaklanjuti Lamaran Kerja Yang Efektif


Menunggu kabar tentang surat lamaran kerja yang telah dikirim ke perusahaan memang hal yang sangat membosankan. Namun tergesa-gesa untuk menindaklanjuti surat lamaran kerja yang sudah dikirimkan juga bukan solusi tepat.

Menunggu proses berikutnya setelah mengirim aplikasi lamaran pekerjaan memang sering membuat perasaan pelamar tidak menentu. Tanda tanya seperti apakah surat lamaran kerja yang dikirim telah sampai kepada orang yang tepat atau belum?, Apakah akan dipanggil untuk wawancara kerja atau tidak?, dan segala macam perasaan lainnya yang sering kali muncul di benak dan membuat pelamar susah tidur dan makan menunggu hasil dari upaya mereka.

Hal ini wajar dan normal dirasakan oleh siapapun yang mengharap pekerjaan dari perusahaan yang mereka lamar. Menindaklanjuti adalah kata kunci untuk menyelesaikan kekhawatiran atas keputusan dari upaya anda. Namun, kesalahan dalam melakukan tidak lanjut dari upaya ini bisa berakibat tidak baik untuk anda. Justru itu, mempelajari etika menindaklanjuti lamaran kerja adalah penting diketahui oleh setiap pelamar kerja untuk menghindari kesalahan dalam menindak lanjut aplikasi kerja.

cara menindaklanjuti lamaran kerja yang efektif, bagaimana cara menindak lanjut lamaran kerja, tata cara menindaklanjuti lamaran kerja
Sangat wajar bagi pelamar kerja menindak lanjut atau ingin mengetahui status lamaran mereka pada perusahaan yang dilamar. Namun tetap dalam etika yang baik dan tidak berkesan mendesak. Berikut ini 3 langkah cara menindaklanjuti lamaran kerja yang dapat membantu anda.

3 Cara Menindaklanjutin Lamaran Kerja

  1. Setelah Mengirim Surat Lamaran Kerja.
    Rasanya anda ingin segera dipanggil perusahaan untuk interview kerja setelah mengirim lamaran kerja, bukan!!! Namun faktanya, ada pelamar yang berbulan-bulan tidak kunjung mendapat panggilan dari perusahaan. Untuk tidak mengulangi pengalaman ini, sangat wajar anda menindaklanjuti dengan menghubungi HRD perusahaan.

    Waktu yang tepat untuk menghubungi HRD perusahaan perihal menanyakan status lamaran anda adalah setelah 3 minggu atau 1 bulan setelah surat lamaran kerja dikirim. Kebanyakan perusahaan butuh waktu 1 atau 2 minggu untuk mempelajari atau mengumpulkan semua aplikasi lamaran kerja yang masuk. Menghubungi perusahaan setelah 1 minggu aplikasi dikirim akan terkesan mendesak mereka. So, sebaiknya bersabar hingga waktu yang tepat seperti di atas.
  2. Saat Wawancara Kerja.
    Setelah proses wawancara kerja berakhir. Biasanya pewawancara akan memberikan kesempatan pelamar untuk bertanya. So, manfaatkan momen ini untuk menanyakan hal-hal yang ingin dan wajar anda ketahui tentang perusahaan dan menanyakan perihal informasi berikutnya.

    Pewawancara pastinya tidak memberi keputusan secara langsung kapan anda akan dihubungi untuk informasi status lamaran anda. Seperti biasa perusahaan biasanya berjanji akan menghubungi anda secepatnya dan memberi kabar tentang keputusan status lamaran anda.

    Pada momen ini, anda dapat menanyakan waktu tenggang mengenai informasi status lamaran anda. Jika perusahaan memberi masa tenggang 1 bulan, maka hindari menghubungi perusahaan dibawah waktu yang ditentukan.

    Jika pewawancara memberi sinyal bahwa hanya pelamar yang lulus interview kerja yang akan dipanggil. Maka berdoalah kalau-kalau anda dipanggil. Namun, perusahaan yang baik, umumnya akan menginformasikan pelamar tentang apapun status lamaran mereka. Bila dalam kondisi ini, mungkin anda hanya perlu bertanya apakah anda bisa mengambil kembali lamaran anda jika tidak dipanggil.
  3. Setelah Wawancara Kerja.
    Saat yang tepat untuk menindaklanjuti lamaran kerja ke tiga adalah setelah masa tenggang yang ditentukan berakhir. Bila anda memutuskan menghubungi HRD perusahaan melalui telphone, maka lihatlah waktu yang tepat menghubungi HRD untuk menanyakan status lamaran anda.

    Pilihlah tempat yang kondusif dan tidak terganggu dengan suara bising yang membuat kesan nada suara anda setengah teriakan. Ciptakan komunikasi yang baik dan sopan dalam menanyakan status lamaran anda.

Hal Yang Harus Dihindari Dalam Menindaklanjutin Lamaran Kerja

Hindari menindaklanjuti lamaran kerja yang berkesan memaksa dengan mengirim email berkali-kalai, menghubungi HRD berkali-kali, dan mendatangi perusahaan tanpa diundang. Kesan tidak sabar menunggu keputusan yang diperlihatkan melalui tindakan seperti ini bisa membuat kesempatan anda berlalu.

Mengikuti tata cara menindaklanjuti lamaran kerja yang sudah kita terangkan pada tiga poin diatas akan lebih baik dari pada melakukan tindakan diluar etika cara menindak lanjut seperti ini.

Hindari menghubungi HRD perusahaan pagi-pagi sekali dan pada sore hari saat jam kantor hendak selesai jika anda memutuskan menghubungi melalui telepon. Ambillah waktu yang tepat saat jam kantor sudah kondusif, misalnya jam 10 pagi. Jika anda mintak menghubungi kembali, maka hubungi kembali satu jam setelah, atau menanyakan kapan anda bisa menghubungi kembali.

Demikian uraian cara menindaklanjuti lamaran kerja yang efektif. Semoga menjadi tambahan informasi untuk anda yang sedang menunggu hasil dari lamaran kerja anda. Terimakasih

Suka artikel ini ? Bagikan ke :

Google+

Plus One
1 komentar
Bagaimana Cara Menindaklanjuti Lamaran Kerja Yang Efektif

Terima kasih informasinya
semoga sukses selalu
Aamiin

Bonardo Hutagaol