Hindari Kesalahan Dalam Mencari Pekerjaan Seperti Ini


Sulitnya mencari lowongan pekerjaan ternyata tidak hanya disebabkan oleh ketatnya persaingan dan sempitnya lowongan kerja. Salah satu sebabnya juga disebabkan oleh kesalahan dalam mencari pekerjaan yang dilakukan oleh pencari kerja itu sendiri. Ada beberapa penyebab kesalahan dalam mencari pekerjaan. Dalam pembahasan ini penulis akan listkan beberapa penyebab kesalahan yang sering dilakukan oleh pencari kerja.

Cara sukses melamar pekerjaan baru ialah menghindari kesalahan dalam mencari pekerjaan yang dapat menyebabkan gagalnya proses usaha anda. Beberapa penyebab kegagalan dalam mencari pekerjaan yang patut dihindari ialah:

kesalahan dalam mencari pekerjaan, cara menghindari kesalahan dalam mencari pekerjaan, motivasi kerja

Kesalahan Dalam Mencari Pekerjaan Baru

  1. Tidak Menetapkan Target Pekerjaan.
    Minat dan passion dalam memilih pekerjaan perlu diperhatikan. Hal ini dimaksudkan untuk menunjang karir yang progresif nantinya bagi pekerja. Pekerja akan merasa terpaksa melakukan pekerjaan mereka pada pertengahan ketika target karir tidak direncanakan dari awal.

    Hal ini sering terjadi pada fresh graduate yang kebingungan dalam mencari pekerjaan dibidang apa. Sehingga mereka melamar pekerjaan yang bahkan tidak sesuai dengan ketrampilan dan latar pendidikan, yang pada akhirnya berhenti ditengah jalan dan mencari pekerjaan baru lagi. Hal ini tentunya sangat tidak baik untuk target karir selanjutnya.
  2. Hanya Fokus Pada Satu Pilihan.
    Kesalahan dalam mencari pekerjaan berikutnya yang sering dilakukan pencari kerja ialah hanya terfokus pada satu pilihan saja. Memang dalam hal ini tidak ada yang salah. Namun, fokus pada satu pilihan saja tentunya akan mempersempit peluang bagi pencari kerja itu sendiri.

    Hal terbaik untuk menghindari agar tidak terfokus pada satu pilihan saja adalah dengan mengirim sebanyak mungkin lamaran kerja ke beberapa perusahaan yang menjadi target anda. Tentunya target yang sesuai dengan ketrampilan, keahlian, passion atau latar belakang pendidikan seperti pada poin yang kita sebutkan diatas.

    Cara ini pastinya akan memperbesar peluang untuk pencari kerja dalam mendapatkan pekerjaan sesuai bakat dan minat atau sesuai dengan ketrampilan dan keahlian mereka.
  3. Kurang Teliti Pada Informasi Lowongan Kerja.
    Sikap terburu-buru seringkali membuat pelamar ceroboh dalam mengorganizing lamaran mereka, yang pada akhirnya kecolongan dalam membuat kesalahan disana sini. Kurang teliti pada informasi lowongan kerja adalah kesalahan yang harus dihindari.

    Tips untuk menghindari kesalahan dalam poin ini bisa dilakukan dengan cara tidak terburu, dan melakukan cek dan recek beberapa kali sehingga semua informasi yang menjadi kualifikasi yang diharuskan perusahaan terpenuhi.
  4. Cover Letter dan Resume Yang Kurang Menarik.
    Menulis cover letter atau surat lamaran kerja dan resume yang menarik sangat memungkinkan pelamar dipanggil untuk wawancara kerja. Ini tentunya kondisi yang menjadi harapan setiap pencari kerja pastinya. Menghindari membuat surat lamaran kerja asal ceplak pastinya harus dihindari, hal ini tentunya akan memungkinkan kesalahan dalam tata bahasa surat dengan jenis pekerjaan yang dilamar.

    Tips yang baik untuk menghindari kesalahan dalam membuat surat lamaran dan resume adalah dengan memperhatikan bahasa surat dengan target pekerjaan yang dilamar, tidak ada kesalahan ejaan dan sesuai dengan tatacara pembuatan surat lamaran kerja.
  5. Tidak Memanfaatkan Jaringan.
    Koneksi adalah peluang besar dalam mendapatkan pekerjaan. Di Indonesia, tidak sedikit dari karyawan pada setiap perusahaan bekerja karena hubungan jaringan. Jalur ini memang dapat meningkatkan kepercayaan bagi sebagian perusahaan untuk karyawan mereka. Selain itu, kondisi ini juga dapat memperkuat team kerja yang tentunya sangat menguntungkan perusahaan.

    Kondisi ini memang terlihat nepotisme jika bidang pekerjaan tidak sesuai dengan ketrampilan yang dimiliki. Untuk menghindari ini, pastinya anda menyesuaikan keahlian anda dengan pekerjaan. So, jangan abaikan jaringan atau koneksi dengan teman-teman anda. Sebab hal ini akan sedikit melonggarkan langkah anda dalam mencari pekerjaan.
  6. Malas Mencari Informasi.
    Sikap negatif dan malas dalam berburu informasi kerja bisa menjadi salah satu penyebab kenapa seseorang sulit mendapatkan pekerjaan. Sikap seperti ini semestinya patut dihindari jika seseorang tidak ingin gagal dalam mendapatkan pekerjaan.

    Selain bisa memanfaatkan jaringan. Pastinya kita juga dapat memanfaatkan informasi surat kabar atau situs informasi lowongan kerja dalam berburu pekerjaan. Toh teknologi sekarang ini sangat membantu kita mempermudah mendapatkan pekerjaan. Hanya dengan memanfaatkan search engine seperti Google, anda pun bisa mendapatkan informasi lowongan kerja yang sesuai dengan passion anda.
  7. Inisiatif Follow Up Lamaran Kerja.
    Kurangnya inisiatif pelamar dalam memfollow up lamaran kerja bisa jadi faktor penyebab kegagalan dalam mencari pekerjaan. Beberapa perusahaan besar sering kali kewalahan dalam memjawab surat lamaran pelamar karena begitu banyaknya lamaran yang masuk. Baca cara menindaklanjuti lamaran kerja

    Solusi terbaik untuk yang perlu dilakukan adalah dengan mengfollow up status lamaran yang sudah anda kirimkan. Hal ini pastinya akan memudahkan pihak HRD dalam mengingat anda dan tidak mengurangi kemungkinan anda akan diundang untuk interview kerja.
  8. Mudah Putus Asa.
    Sikap mudah putus asa sering kali membuat seseorang merasa apatis untuk mendapatkan pekerjaan. Ini merupakan salah satu kesalahan sikap dalam mencari pekerjaan yang harus dihindari. Sikap putus asa pastinya tidak memberikan hasil yang baik bagi pencari kerja melainkan efek yang sangat buruk yang harus dihindari.

    Untuk menghindari putus asa dalam mencari pekerjaan dapat dihindari dengan lebih giat dan bersemangat dalam mencari lowongan kerja, serta yakin bahwa porsi rezeki anda tidaklah berkurang. Karena rezeki itu sudah dibagi-bagi oleh Allah SWT kepada hambanya. Dan setelah Dia menghidupkan, dan pastinya Dia juga akan memberikan rezeki sesuai usahanya masing-masing.
Semoga artikel hindari kesalahan dalam mencari pekerjaan ini dapat menjadi tambahan informasi yang bermanfaat, serta dapat menjadi motivasi untuk pencari kerja dalam menghindari kesalahan-kesalahan dalam mencari kerja.


Suka artikel ini ? Bagikan ke :

Google+

Plus One
0 komentar
Hindari Kesalahan Dalam Mencari Pekerjaan Seperti Ini