Cara Mendapatkan Pekerjaan Setelah Kuliah Dengan Cepat


Mendapatkan pekerjaan setelah kuliah jelas menjadi harapan setiap mahasiswa yang sudah menyelesaikan masa studinya di kampus. Namun tahukah anda bahwa fenomena mencari pekerjaan setelah kuliah itu ternyata tidak semudah harapan semata. Apalagi setelah kuliah, dimana anda akan bersaing dengan ratusan atau bahkan ribuan sarjana atau diploma lainnya yang juga memiliki impian dan cita-cita yang sama dalam meniti karir di dunia kerja.

Kondisi diatas tentu tidak menjadi alasan kita harus menyerah pada keadaan dan menunggu pekerjaan yang sesuai dengan impian kita. Ini tentu bukanlah solusi yang bisa diharapkan untuk perubahan pribadi kita.

Salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan setelah kuliah adalah justru mencari pekerjaan pada saat anda masih kuliah. Kuliah memang hal penting yang membutuhkan keseriusan setiap mahasiswa, namun tidak berarti anda harus terpaku pada dunia kampus semata. Jika kuliah bertujuan mendapatkan pekerjaan setelahnya, maka mencari pekerjaan sebelum kuliah selesai tentu bukanlah hal yang salah. Namun demikian sebagai orang baru yang ingin terjun di dunia kerja. Sudah semestinya anda lebih peka dan mampu membagi waktu antara kuliah dengan pekerjaan nantinya.
cara mendapatkan pekerjaan setelah kuliah, cara mendapatkan pekerjaan sebelum kuliah, tips mendapatkan pekerjaan setelah kuliah
Berikut ini beberapa poin yang dapat menjadi tambahan informasi dan pertimbangan anda dalam rencana mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah.

Tips Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah

  1. Cari Kerja Sedini Mungkin
    Iya! Mencari kerja sedini mungkin merupakan salah satu tips yang bisa dilakukan untuk mendapatkan perkarjaan. Jika anda terpaku dan hanya ingin bekerja setelah kuliah selesai. Maka anda telah ketinggalan beberapa langkah dalam dunia kerja. Jika tujuan kuliah adalah mendapatkan pekerjaan, maka tidak salahnya anda mencari pekerjaan sedini mungkin mestipun anda masih sedang kulain.

    Carilah pekerjaan pada perusahaan yang menerima pekerja fresh graduate dan mau mempekerjakan anda di tempat mereka. Hal ini tentu lebih baik anda lakukan dari hanya sekedar menunggu setelah selesai kulaih.
  2. Tidak Terlalu Memilih Pekerjaan
    Tips mendapatkan pekerjaan berikutnya ialah tidak menjadi orang yang terlalu memilih pekerjaan pada awal karir anda. Carilah pekerjaan pada perusahaan apa saja yang mau menerima anda sebagai karyawannya dan tentunya anda mendapatkan gaji halal.

    Jikapun anda tidak betah melanjutkan karir pada perusahaan tersebut, toh anda sudah memiliki pengalaman kerja yang tentunya akan menjadi modal anda dalam mencari pekerjaan berikutnya.
  3. Manfaatkan Koneksi
    Manfaatkan koneksi dalam mencari pekerjaan merupakan tips mendapatkan pekerjaan sedini mungkin. Teman kuliah, organisasi dan lainnya dapat menjadi sumber informasi untuk anda dalam mendapatkan pekerjaan.

    Dalam membangun pertemanan, anda justru tidak seharusnya hanya bersenang-senang saja. Namun juga harus peka terhadap tujuan-tujuan jangka panjang seperti mendapatkan karir. Dan koneksi tentu bisa membantu anda memberikan informasi lowongan kerja dengan bertanya.
  4. Cari Lowongan Kerja Dari Berbagai Informasi
    Selain koneksi, mendapatkan pekerjaan dengan cepat bisa dilakukan dengan mencari lowongan kerja dengan memanfaatkan berbagai informasi seperti surat kabar dan situs informasi lowongan kerja. Manfaatkan media seperti ini dalam hunter pekerjaan. Lihatlah perusahaan mana yang menerima karyawan dengan modal pas-pasan seperti anda sekarang ini.
  5. Aktif di Kampus
    Selain itu, salah satu tips dan kiat mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah adalah dengan cara aktif di kampus. Aktif dalam berbagai aktivitas di kampus, memiliki hubungan baik dengan dosen tentu akan lebih mudah untuk anda mendapatkan pekerjaan di kampus tempat dimana anda mejalankan studi.

    Siapa tahu, dengan prestasi dan hubungan anda yang baik dikampus, ada dosen yang sengan mengajak anda untuk mengerjakan proyek baru atau mengangkat anda sebagai staf pengajar penggantinya atau asisten dosen. Pasti ini hal yang menyenangkan bukan!
    Tentu ada banyak jalan menuju Roma. Tips mencari kerja dengan cepat diatas mungkin dapat menjadi salah satu jalan dan cara untuk anda menuju Roma (cita-cita karir). Bagaimanpun, menunggu setelah lulus kuliah baru mencari pekerja bukan strategi yang di sarankan. Memiliki inisiatif untuk mendapatkan pekerjaan sejak dini tentu lebih baik dari pada menunggu setelah lulus kuliah.
Semoga tips cara mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah dengan cepat ini dapat menjadi ide dan motivasi untuk anda khususnya mahasiswa yang sedang kuliah dan ingin mendapatkan pekerjaan setelah kuliah. Semoga sukses.


Suka artikel ini ? Bagikan ke :

Google+

Plus One
1 komentar
Cara Mendapatkan Pekerjaan Setelah Kuliah Dengan Cepat