Cara Sukses Melamar Pekerjaan Paling Mudah Untuk Umum


Cara sukses melamar pekerjaan bisa dibilang gampang-gampang susah. Artinya gampang jika anda mengetahuinya, dan susah jika anda tidak mengetahui caranya. Well, namun jangan pernah putus asa dan menyerah, gunakan kegagalan di masa lalu sebagai pengalaman yang berharga dalam setiap proses yang anda lalui dalam melamar pekerjaan.

Informasi lowongan kerja di internet memang cukup banyak. Kita bisa dengan mudah mendapatkannya. Masalahnya ada pada cocok tidaknya perusahaan yang membuka lamaran kerja dengan kualifikasi anda. Hal ini terkadang membuat anda harus berusaha lebih keras dalam mendapatkan informasi lowongan kerja.

Jika anda memutuskan untuk mencari kerja secara online atau melalui internet, pastinya anda bisa mencarinya di situs-situs informasi lowongan kerja, atau bergabung dengan group-group yang berhubungan dengan dunia kerja. Baca artikel tips mencari lowongan kerja yang benar di internet untuk memberi sedikit pencerahan untuk Anda.

cara melamar pekerjaan, cara sukses melamar pekerjaan, informasi lowongan kerja
Selain media online, cari juga info lowongan di surat kabar harian. Siapa tahu, ada informasi lowongan kerja yang cocok dengan skill yang kamu miliki. Berikut ini beberapa langkah yang dapat membantu anda dalam mendapatkan pekerjaan.

Langkah-Langkah Dalam Melamar Pekerjaan

  1. Tentukan Jenis Pekerjaan Yang Anda Inginkan.
    Sebelum melakukan pencarian tentang lowongan kerja. Langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah menentukan jenis pekerjaan yang anda harapkan. Untuk mempermudah, anda dapat menggunakan catatan pribadi untuk rencana pekerjaan yang ingin anda dapatkan.

    Agar anda dapat lebih fokus pada jenis pekerjaan yang cocok untuk anda, maka persempit pencarian dengan fokus pada kemampuan atau ketrampilan yang anda miliki, karir dan financial yang menjadi harapan anda.

    Setelah titik fokus anda sudah tercapai. Maka saatnya mencari informasi di internet atau surat kabar untuk mendapatkan pekerjaan yang sudah anda tentukan jenisnya. Anda dapat menggunakan mesin pencari Google untuk mendapatkan jenis pekerjaan yang anda inginkan.
  2. Lakukan Riset Tentang Perusahaan.
    Sebelum mengirim aplikasi kerja ke perusahaan yang sesuai dengan jenis bidang pekerjaan yang anda sukai. Lakukan riset terlebih dahulu tentang perusahaan yang membuka lowongan kerja sesuai dengan jenis pekerjaan yang anda pilih. Cari tahu tentang perusahaan, misi perusahaan, produk perusahaan dan informasi lainnya.

    Semakin banyak informasi yang anda dapatkan tentang perusahaan, maka akan semakin bagus untuk anda dalam mempersiapkan diri dalam melamar pekerjaan. Jangan lupa memperhatikan bidang karir, siapa tahu ada lowongan yang lebih spesifik dengan ketrampilan anda di perusahaan tsb.
  3. Hubungi Perusahaan.
    Anda dapat menghubungi perusahaan yang mengiklankan lowongan kerja untuk menanyakan perihal yang masih belum jelas di benak anda. Menghubungi perusahaan mungkin akan menjadi nilai plus atas keseriusan anda untuk bekerja.
  4. Persiapkan Resume Dan Surat Lamaran (Aplikasi).
    Jika sudah clearence, selanjutnya persiapkan resume dan surat lamaran kerja. Perhatikan cara menulis surat lamaran kerja dengan benar, sehingga tidak ada kesalahan seperti ejaan, format huruf dan tata cara penulisan surat lamaran kerja pada umumnya.
  5. Referensi Pengalaman Kerja.
    Jika anda memiliki pengalaman kerja, tentunya anda bisa lebih mudah meminta referensi dari perusahaan sebelumnya. Namun jika tidak memiliki referensi karena belum bekerja. Anda bisa menguraikan pengalaman yang relevan saat di organisasi atau praktek saat kuliah dalam resume anda.
  6. Review Aplikasi Kerja.
    Mintaklah teman yang lebih berpengalaman dari anda untuk mereview lamaran anda. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kesalahan yang mungkin terdapat dalam aplikasi anda.
  7. Kirim Lamaran Kerja.
    Setelah aplikasi siap dan benar. Selanjutnya kirimkan surat lamaran kerja anda ke alamat perusahaan yang dituju. Pastikan alamat ditulis dengan lengkap dan benar. Jika perusahaan meminta untuk mengantar langsung ke perusahaan, maka pastikan anda berpakaian rapi.
  8. Tindak Lanjuti Lamaran.
    Memeriksa status aplikasi lamaran kerja apakah sudah sampai kepada orang yang tepat menunjukkan semangat kerja yang sungguh-sungguh. Akan tetapi, menindak lanjuti aplikasi kerja juga dapat menjadi penilai yang tidak baik terhadap pelamar kerja karena berkesan menuntut. Untuk langkah ini, silahkan pelajari cara menindak lanjuti aplikasi kerja anda dengan tepat.
Semoga informasi cara sukses melamar pekerjaan paling mudah untuk umum ini bisa menjadi tambahan informasi untuk anda yang sedang bekerja keras dalam mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan. Terimakasih
Manjadda, Wajada; Siapa yang bersungguh-sungguh pasti dapat kerja. Betol gak!!!


Suka artikel ini ? Bagikan ke :

Google+

Plus One
0 komentar
Cara Sukses Melamar Pekerjaan Paling Mudah Untuk Umum