Mengapa Harus Mempertimbangkan Tawaran Kerja Saat Ini


Mendapat tawaran kerja memang tidak ada banding senangnya bagi pencari kerja. Apalagi di saat sulitnya mendapatkan pekerjaan seperti saat ini. Anda pasti bisa membayangkan bagaimana sorak-sorak gembiranya saat ini. Namun bagaimana kalau anda mendapatkan beberapa tawaran kerja dalam satu waktu? Pastinya anda akan bertambah senang bukan?? Terus mengapa anda harus mempertimbangkan? bukankah ini yang sebenarnya anda cari? So what???

Tulisan ini dimaksudkan dapat menjadi masukan dan tidak menjadi sebuah keharusan bagi pencari kerja. Namun mempertimbangkan hal-hal dasar yang menjadi tujuan dari seorang pegawai perusahaan dalam bekerja adalah penting guna mencapai taraf hidup yang lebih baik serta dapat menafkahkan keluarga. Sebab pada dasarnya anda bekerja untuk uang.

List Tawaran Kerja, Mempertimbangkan tawaran kerja, tawaran kerja yang baik
Setelah mengirimkan aplikasi ke beberapa perusahaan seperti kiat yang penulis gambarkan dalam artikel cari kerja sesuai bakat sebelumnya. Dan anda mendapatkan tawaran kerja dari dua atau tiga perusahaan yang anda lamar. Pada kondisi ini memang patut untuk di syukuri dan mempertimbangkan plus minus sebelum anda membuat keputusan. Lebih detail nya, berikut beberapa hal yang patut anda pertimbangkan sebelum menjawab tawaran kerja dari perusahaan yang dilamar.

Pertimbangan Sebelum Memutuskan Tawaran Kerja

Sebelum memutuskan menerima tawaran pekerjaan. Buatlah list sederhana sebagai data untuk menganalisis satu dari beberapa perusahaan yang menawarkan pekerjaan untuk anda. Lalu ambillah tawaran kerja yang terbaik menurut anda. Beberapa pertimbangan yang patut anda cermati adalah:
  1. Gaji Besar Dan Halal.
    Benefit atau gaji adalah pokok utama tujuan bekerja. Gaji yang halal penting untuk dipertimbangkan, apalagi jika anda adalah sebagai kepala keluarga dimana gaji yang anda dapatkan untuk menafakahi keluarga. Dengan pertimbangan ini, anda pastinya akan lebih tenang dan tidak risau dengan penghasilan anda nantinya.

    Pertimbangankan juga tawaran gajinya. Ada perusahaan yang menawarkan gaji besar tapi tidak memberikan intensif, jaminan kesehatan dan masa tua, ada juga perusahaan yang menawarkan gaji sesuai dengan upah minimum regional (UMR) serta memberikan layanan kesehatan dan jaminan masa tua. Dari kedua gambaran ini tentunya pilihan ada di tangan anda.
  2. Lokasi Kerja.
    Lokasi tempat bekerja juga harus menjadi pertimbangan. Lokasi kerja yang jauh dari tempat tinggal tentu akan menambah badget operational anda. Jangan-jangan gaji yang ditawarkan perusahaan tidak mencukupi untuk biaya operational saja. Belum lagi untuk biaya hidup anda dan keluarga.

    Demikian juga perusahaan yang mengharuskan karyawan berpindah-pindah, apakah kondisi ini memungkinkan untuk keluarga anda. Hal semacam ini juga harus menjadi pertimbangan karena pada dasarnya anda bekerja untuk keluarga.
  3. Jam Kerja
    Jam kerja sudah semestinya menjadi bagian yang harus juga anda masukkan ke dalam daftar pertimbangan anda. Berapa lama anda akan bekerja setiap harinya, Apakah perusahaan mengharuskan anda bekerja senin sampai sabtu? Bagaimana proses pengajuan cuti tahunan atau cuti hamil dan lain sebagainya.

    Intinya, anda dapat menyesuaikan waktu kerja dan waktu untuk keluarga. So, pilihlah yang paling mendekati dengan keinginan anda.
  4. Kesempatan Berkembang dan Promosi.
    Selain tiga hal di atas, poin ini juga penting menjadi pertimbangan anda. Cari tahu apakah perusahaan yang menawarkan pekerjaan untuk anda memberi kesempatan karyawaannya untuk berkembang dengan pelatihan, seminar, promosi karir atau mungkin beasiswa untuk melanjutkan pendidikan.

    Hal seperti ini mungkin dapat menjadi tambahan untuk pertimbangan anda sebelum memutuskan menjawab tawaran pekerjaan dari perusahaan yang anda lamar.
  5. Kemampuan Dan Pekerjaan.
    Kemampuan yang dimiliki dengan tawaran pekerjaan dari perusahaan sebaiknya juga menjadi bagian yang anda include ke dalam daftar pertimbangan anda. Kesesuaian kemampuan dengan pekerjaan yang ditugaskan perusahaan pastinya akan memudahkan anda dalam menjalani tugas nantinya. Misalnya, jika perusahaan yang anda lamar adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa travel. Maka setidaknya anda memiliki kemampuan bahasa inggris atau mungkin bahasa asing lainnya.
Pastinya masih banyak lagi item-item penting lainnya yang mungkin menjadi pertimbangan seorang calon pekerja. Anda pun dapat menambahkan item lainnya dalam job list anda sesuai dengan kondisi atau keinginan anda.

Cari tahu semua point yang sudah anda masukkan dalam daftar prospek anda dengan cara bertanya langsung ke HRD perusahaan, bertanya ke karyawan senior, situs resmi perusahaan atau informasi lainnya. Pertimbangkan semua informasi yang anda dapatkan, Mintalah nasihat dari keluarga jika memungkinkan dan selanjutnya putuskan perusahaan mana yang anda menarik untuk bekerja.

Semoga informasi mengapa anda harus mempertimbangakan tawaran kerja dari beberapa perusahaan yang anda lamar ini dapat menjadi informasi tambahan untuk anda yang sedang berkunjung di informasi lowongan kerja.


Suka artikel ini ? Bagikan ke :

Google+

Plus One
0 komentar
Mengapa Harus Mempertimbangkan Tawaran Kerja Saat Ini