Cara Menciptakan Kesan Menyenangkan Saat Wawancara Kerja


Cikerja - Wawancara kerja yang sukses merupakan harapan setiap kandidat yang mengikuti interview kerja. Menciptakan kesan menyenangkan saat wawancara kerja merupakan salah satu tips dan cara menghadapi wawancara kerja yang sukses. Bagi perusahaan, karyawan yang menyenangkan merupakan salah satu daya tarik yang menjadi fokus perusahaan selain ketrampilan dan keahlian yang dimiliki.

Ada banyak faktor yang harus dilakukan calon kandidat dalam menciptakan kesan yang menyenangkan saat wawancara kerja. Selain faktor yang bisa dilihat pada poin dibawah, tentunya ketrampilan dan keahlian dibidang pekerjaan yang dilamar juga menjadi pendukung utama yang tidak boleh dilupakan. Pekerjaan sesuai bakat, atau setidaknya pekerjaan yang sesuai dengan profesi pendidikan menjadi alasan pelengkap selain dari pembahasan ini.

Setelah mendapat panggilan undangan untuk wawancara kerja, tentunya kandidat harus mempersiapkan diri secara matang dan berpikir bagaimana cara menciptakan kesan menyenangkan saat wawancara kerja nantinya serta bisa lolos interview dengan sukses. Anyway, berikut ini beberapa cara menciptakan kesan menyenangkan saat interview yang bisa dilakukan pelamar.

cara menciptakan kesan menyenangkan saat interview kerja, bagaimana menciptakan kesan yang menyenangkan saat interview kerja

Tips Menciptakan Kesan Menyenangkan Saat Interview Kerja

Ada banyak tips dan trik menciptakan kesan menyenangkan yang bisa dilakukan kandidat untuk menghadapi wawancara kerja yang sukses. Beberapa diantaranya adalah:
  1. Hadir lebih awal dari jadwal wawancara
    Hadir lebih awal dari jadwal wawancara kerja yang sudah ditetapkan adalah cara menciptakan wawancara kerja yang sukses dan menyenangkan. Kandidat terlihat lebih disiplin bagi perusahaan saat menghadiri wawancara kerja lebih awal dari jadwal yang ditentukan, meskipun realitasnya berbalik dari dugaan perusahaan.

    Anyway, menciptakan kesan menyenangkan pada pertemuan pertama pastinya sangat menentukan untuk kelangsungan pelamar kerja. So, datanglah lebih cepat dari jadwal yang sudah ditentukan untuk menciptakan kesan yang menyenangkan pada proses wawancara kerja.
  2. Memperlihatkan sikap yang ramah
    Hindari sikap terlalu kuper atau terlalu ingin diperhatikan. Bersikaplah ramah dan sopan untuk menyenangkan tuan anda pada hari saat anda menghadiri undangan wawancara kerja. Sikap ramah dan santun tentu akan menyenangkan pewawancara, selain itu, sikap ramah dan santun ini tentunya menjadi salah satu etika wawancara yang akan membuat kesan yang menyenangkan saat proses wawancara kerja.
  3. Menjaga etika dan tata karma
    Sebagai tamu ditempat baru, tentu anda harus menjaga tata krama yang sudah menjadi etika kehidupan. Menjaga tata krama adalah etika yang akan menyenangkan hati calon tuan pelamar kerja, dan tentu saja hal ini menjadi salah satu cara menciptakan kesan menyenangkan saat pelamar menghadiri undangan wawancara. Beberapa contoh tata krama yang harus diperhatikan saat menghadiri interview adalah; mengetuk pintu dan mengucapkan salam, duduk saat dipersilahkan, menjabat tangan yang hangat mengucapkan terimakasih saat waktunya dll.
  4. Berpakaian yang rapi
    Cara menciptakan kesan menyenangkan saat interview kerja berikutnya adalah dengan berpakaian rapi saat menghadiri undangan wawancara. Mengenai detail masalah ini, pelamar bisa mempelajari kembali cara berpakaian untuk wawancara kerja.
  5. Tidak kaku dalam memberi jawaban
    Kiat dan cara menciptakan kesan menyenangkan saat wawancara berikutnya adalah dengan memberikan jawaban yang relevan dan tidak kaku. Bila kandidat memiliki masalah dengan vocal, maka sudah semestinya melatih diri dalam menyampaikan jawaban. Pelamar dapat melatih diri dengan mencoba lebih vocal dalam menyampaikan jawaban misalnya dengan berlatih di depan kaca. Mesti tips ini kelihatan seperti orang gila, namun sangat efektif untuk latihan khusunya untuk mereka yang memiliki masalah vocal.
  6. Menjawab pertanyaan dengan pandangan posistif
    Beberapa pertanyaan mungkin akan terlihat menjebak seperti pertanyaan tentang resign, gaji dll. Mesti tidak menyenangkan, meciptakan kesan menyenangkan dengan jawaban yang yang positif tentu akan membuat proses wawancara kerja menyenangkan bagi pewawancara. So, pelajarilah bagaimana cara menjawab pertanyaan dengan pandangan positif pada tulisan tips dan kiat pada artikel seputar dunia kerja sebelumnya.
Semoga informasi cara menciptakan kesan menyenangkan saat wawancara kerja ini dapat menjadi tambahan informasi khususnya untuk calon kandidat atau pelamar kerja yang akan menghadapi wawancara kerja nantinya. Semoga sukses.


Suka artikel ini ? Bagikan ke :

Google+

Plus One
0 komentar
Cara Menciptakan Kesan Menyenangkan Saat Wawancara Kerja