Bagaimana Proses Wawancara Kerja Dilaksanakan Perusahaan


Wawancara kerja merupakan proses seleksi yang dilakukan perusahaan atau instansi dalam memilih calon atau kandidat karyawan baru yang tepat untuk pekerjaan yang tepat. Proses wawancara pada umumnya dilaksanakan dalam situasi yang santai, namun proses seleksinya cukuplah ketat. Tentu saja, seorang kandidat harus mempersiapkan diri dengan berbagai pengetahuan seputar dunia kerja yang dilamar untuk menghadapi wawancara kerja.

Memberikan tugas yang tepat kepada ahlinya merupakan tugas serius yang dilakukan perusahaan dalam proses wawancara kerja sebagai upaya dalam meningkatkan kemajuan perusahaan atau instansi. Inilah alasan yang menjadi dasar pengujian calon karyawan baru baik itu melalui proses administrasi, psikotes dan ujian tulis lain, hingga pada proses wawancara atau interview kerja.

Ironisnya, ada perusahaan atau instansi penting yang justru melakukan rekrutmen besar-besaran, namun kelulusan ternyata sudah tertera sebelumnya. Politik dunia kerja semacam ini memang sudah menjadi rahasia umum dan sering kita lihat di bumi Pertiwi. Namun kita tidak perlu berkecil hati atas upaya instansi yang jelek semacam ini. Tetaplah berpikir positif karena semua tindakan pasti ada akibatnya, kalau tidak lebih baik, justru nantinya akan hancur karena ulah mereka sendiri. Atau mungkin Allah SWT sebagai pemberi rezeki sedang merencanakan pekerjaan yang lebih baik dan halal untuk anda dan keluarga. So, keep spirit dalam mencari lowongan kerja sampai sukses.

proses wawancara kerja, model wawancara kerja, model interview kerja yang sering dilaksanakan perusahaan
Pada artikel sebelumnya, tentunya kita telah mempelajari banyak hal tentang bagaimana cara mempersiapkan diri menghadapi wawancara kerja. Sebagai kandidat yang akan menghadapi wawancara, tentunya harus memperkaya diri dengan pengetahuan seputar perusahaan yang dilamar, serta berupaya meminimalkan kelemahan dalam menghadapi wawancara kerja. inilah nantinya yang akan menjadi modal kandidat dalam menjawab pertanyaan wawancara kerja dengan sukses.

Model Wawancara Kerja

Interview atau wawancara kerja biasanya dilaksanakan per 30 menit hingga 1 jam. Fenomena ini tentunya tergantung perusahaan. Semakin besar perusahaan tersebut, maka semakin ketat proses wawancara kerja dan semakin banyak pertanyaan yang akan ditanyakan. Namun demikian, berikut ini adalah 4 model wawancara kerja yang sering dilakukan:
  1. Single interview
    Single interview merupakan model wawancara kerja yang sering diterapkan oleh perusahaan kecil dan menengah dalam merekrut karyawan baru. Dalam kondisi ini, calon karyawan akan menghadapi pewawancara secara 4 mata dalam satu pertemuan. Waktu wawancara biasanya berjalan per 30 menit untuk satu kandidat dan tentunya disesuaikan dengan jumlah pelamar.
  2. Group interview
    Group interview adalah model wawancara kerja yang diadakan perusahaan menengah dalam merekrut karyawan baru. Dalam kondisi ini, dimana beberapa calon kandidat akan menghadapi satu orang pewawancara dalam satu pertemuan. Situasi ini biasanya dikondisikan perusahaan karena banyaknya pelamar.
  3. Panel interview
    Panel interview adalah model wawancara yang sering dilaksanakan oleh perusahaan menengah dan besar. Dalam kondisi ini, calon kandidat akan menghadapi beberapa pewawancara dalam satu pertemuan. Waktu pelaksanaan wawancara kerja model panel interview ini bisa sampai 1 jam per kandidat.
  4. Double interview
    Yang terakhir adalah double interview. Double interview adalah model wawancara kerja yang dilakukan oleh perusahaan besar. Dimana calon kandidat akan menghadapi beberapa wawancara kerja yang dilaksanakan perusahaan dalam waktu yang berbeda. Proses seleksi melalui model double interview kerja ini sangat ketat. Meskipun wawancara dilakukan dalam waktu hanya 30 menit, namun proses wawancara kerja bisa berjalan beberapa bulan.
Semoga informasi bagaimana wawancara kerja dilaksanakan perusahaan ini bisa menjadi tambahan informasi, khususnya untuk anda yang sedang menunggu jadwal panggilan wawancara kerja. Semoga sukses.


Suka artikel ini ? Bagikan ke :

Google+

Plus One
0 komentar
Bagaimana Proses Wawancara Kerja Dilaksanakan Perusahaan