Apa Saja Yang Diperlukan Untuk Melamar Pekerjaan


Apa saja yang diperlukan untuk melamar pekerjaan? Pertanyaan ini tanpa dijawab pun sepertinya anda sudah tahu jawabannya. Tapi tunggu dulu, tidak sedikit pelamar kerja yang justru gagal bekerja hanya karena kurang persiapan dalam melamar pekerjaan. So, untuk memecahkan masalah ini, penulis ingin berbagai sedikit informasi tentang apa saja yang perlu dipersiapkan untuk melamar pekerjaan.

Agar lebih terorganisir, kita akan mulai dari informasi lowongan kerja. Ya! Informasi lowongan pekerjaan adalah dasar yang membuat anda mengapa saat ini ingin mempersiapkan lamaran untuk dikirim ke perusahaan perekrut. Jika anda melihat informasi kerja di surat kabar harian, maka penulis menyarankan agar bagian informasi dipotong secara sempurna.

Namun jika anda mendapatkan informasi lowongan kerja di internet, maka print semua informasi secara sempurna. Langkah ini dimaksudkan agar pelamar tidak bolak-balik dalam mempersiapkan berkas lamaran kerja, serta tidak ada informasi yang tertinggal nantinya.

Selanjutnya, perhatikan apakah lowongan kerja tersebut relevan dengan kualifikasi yang pelamar miliki. Jika tidak relevan, sebaiknya tidak perlu dipaksakan untuk melamar, karena usaha anda kemungkinan besar tidak akan berbuah hasil pada proses seleksi administrasi pertama. Solusinya ialah, carilah pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi yang dimiliki. Misalnya; perusahaan A membutuhkan karyawan baru lulusan ekonomi akuntan. Sedangkan anda lulusan teknik pertanian. Meskipun pelamar sebenarnya ahli dalam bidang ekonomi akuntansi, namun secara administrasi pelamar tidak bisa dibuktikan. Penulis pikir anda sudah tahu maksudnya.

Berikutnya, galilah sedetil mungkin yang pelamar dapat tentang perusahaan yang dilamar. Semakin detail informasi yang diperoleh, maka semakin besar peluang mendapatkan pekerjaan pada perusahaan yang dilamar. Sebab, jika proses administrasi tidak ada kendala, maka proses wawancara nantinya pelamar akan diuntungkan oleh informasi yang diperolehnya. Jadi jangan merasa cepat puas dalam mencari informasi tentang perusahaan target anda.

Setelah dasar yang diperlukan untuk melamar pekerjaan sudah terarah, selanjutnya pelamar kerja dapat mempersiapkan berkas lamaran.
dibutuhkan untuk melamar pekerjaan, surat lamaran kerja, berkas lamaran kerja, informasi lowongan kerja

Berkas Persiapan Lamaran Kerja Yang Diperlukan

Seperti pada umumnya, adapun persiapan administrasi yang diperlukan untuk melamar pekerjaan adalah sebagai berikut;
  1. Surat Lamaran Kerja
    Surat lamaran kerja merupakan cover yang selalu ada dalam berkas lamaran. Dalam membuat surat lamaran kerja, pelamar tidak seharusnya melakukan copy paste contoh surat lamaran yang ada di internet. Sebab, banyak contoh surat lamaran kerja yang ada di internet mungkin tidak relevan dengan pekerjaan yang dilamar saat ini.

    Baca cara membuat surat lamaran kerja yang benar agar anda dapat lebih terarah dalam membuat surat lamaran nantinya. Melakukan copy paste contoh surat lamaran yang ada di internet sangat memungkinkan terjadi banyak kesalahan seperti huruf yang tidak sama, struktur surat yang tidak rapi dan kesalahan lainnya. Jadi saran penulis, simpanlah sebanyak mungkin surat lamaran kerja yang ada di internet sebanyak anda mau, dan ambillah contoh yang sangat relevan dengan pekerjaan dilamar sebagai referensi.

    Jika anda ngotot ingin melakukan copy paste, maka pastikan semua telah diedit dan tidak ada kesalahan seperti format huruf, struktur, ejaan dll.
  2. Membuat cv atau resume
    Resume atau cv adalah dokumen yang selalu diminta perusahaan perekrut dalam dunia kerja. Pastinya anda sudah mempelajari cara membuat cv yang benar untuk melamar pekerjaan sekarang ini. Membuat cv atau resume yang benar dan relevan dengan pekerjaan adalah poin penting yang menjadi perhatian perekrut atau perusahaan perekrut. So, buatlah cv anda semenarik mungkin untuk mendapatkan perhatian perusahaan.
  3. Mempersiapkan Perlengkapan administrasi
    Melakukan print atau memotong bagian informasi lowongan kerja yang penulis bahas diatas tadi tentunya akan membantu pelamar dalam mempersiapkan berkas lamaran secara detail. Tidak jarang pelamar yang bolak-balik dan lupa-lupa ingat kayak judul lagu, ketika ditanya temannya tentang perlengkapan administrasi yang diminta perusahaan.

    So, cara-cara ini diharapkan anda dapat lebih terorganisir dalam mempersiapkan berkas lamaran kerja yang diperlukan untuk melamar pekerjaan nantinya.
Semoga informasi tentang apa saja yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan dalam pembahasan ini bisa menambah informasi untuk anda yang sedang mempersiapkan diri untuk melamar pekerjaan. Semoga sukses.


Suka artikel ini ? Bagikan ke :

Google+

Plus One
1 komentar
Apa Saja Yang Diperlukan Untuk Melamar Pekerjaan

contoh daftar riwayat hidup harus diperhatikan ya, jangan sampai sulit dibaca sama HR. keren nih thanks gan.