Ketrampilan Dan Skill Yang Harus Dimiliki Seorang Karyawan


Seseorang akan terlihat berbeda karena ketrampilan dan skill yang dimiliki. Bagi perusahaan, anda adalah aset yang paling berharga karena ketrampilan dan skill yang kamu miliki mampu menghantarkan perusahaan mencapai target-target pemasaran. Sebaliknya Anda mungkin akan segera dipindahkan atau diputuskan kontrak kerja karena alasan ini.

Ketrampilan dan skill yang kompeten tentunya harus dimiliki oleh seorang karyawan dalam menunjang karirnya. Meskipun banyak informasi lowongan kerja yang bisa kita dapatkan dari internet, namun perusahaan sangat mengutamakan ketrampilan dan skill yang dimiliki.

Seorang karyawan, rasanya sangat sulit mencapai posisi tinggi dalam perusahaan jika tidak dibarengi oleh ketrampilan dan skill yang baik dalam menjalani tugasnya. Intinya, ketrampilan dan skill adalah poin penting yang harus dimiliki oleh seorang karyawan sebagai bekal dalam mencetak berbagai prestasi dalam bekerja.

ketrampilan dan skill yang wajib dimiliki oleh karyawan, ketrampilan dan skill yang dibutuhkan perusahaan
Berikut ini adalah beberapa jenis ketrampilan dan skill yang sering menjadi perhatian dari kebanyakan perusahaan yang harus dimiliki oleh seorang karyawan:
  1. Ketrampilan Komunikasi.
    Karyawan dengan ketrampilan komunikasi yang baik tentunya akan mudah berinteraksi dan menjalin hubungan komunikasi dengan para clien. Ketrampilan ini tentunya sangat menjadi perhatian bagi banyak perusahaan terutama yang bergerak di bidang marketing.

    Ketrampilan ini juga akan membantu karyawan dalam menyampaikan ide dan pikirannya kepada perusahaan. Dengan ketrampilan komunikasi yang baik, tentunya anda akan mudah menyalurkan ide anda tanpa berbelit-belit dan perusahaan bisa memahami apa yang anda sampaikan.
  2. Integritas.
    Integritas dalam kontek ini adalah sikap yang menunjukkan kemampuan dan kewibawaan seorang karyawan. Biasanya, kewibawaan seseorang dapat tercermin dari potensi yang dimilikinya. Seorang karyawan akan dihormati oleh karyawan lain dan dipercayai oleh perusahaan karena poin yang satu ini.
  3. Penguasaan Teknologi.
    Skill atau kemampuan teknologi tentunya sudah menjadi tuntutan setiap industri atau perusahaan saat ini. Skill menguasai teknologi adalah kemampuan dasar yang wajib dimiliki seorang karyawan. Hal ini tentunya sudah pernah kita bahas pada 5 kemampuan dasar yang wajib dicantumkan dalam resume. Artinya, seorang karyawan wajib memiliki kemampuan ini minimal pengetahuan dalam mengoperasikan beberapa apliaksi penting yang sering dipakai perusahaan seperti Microsoft office dan dasar internet.
  4. Tanggung Jawab.
    Tanggung jawab sebenarnya lebih kepada sikap dan bukan bagian dari ketrampilan atau skill. Namun poin ini sangat penting dan harus menjadi catatan bagi seorang karyawan. Tanggung jawab tidak hanya bermakna sebatas penyelesaian tugas kantor. Akan tetapi tanggung jawab menjaga nama baik perusahaan, tanggung jawab dalam mengembangkan diri dengan pengetahuan baru untuk mencapai harapan pribadinya dan perusahaan merupakan bagian dari tanggung jawab.

    Perusahaan akan mudah menaruh kepercayaan kepada karyawan yang bertanggung jawab untuk tugas-tugasnya, dan selalu menjaga nama baik perusahaan dengan memperlihatkan sikap yang jujur dan transparansi.
  5. Ketrampilan Kepemimpinan.
    Ketrampilan kepemimpinan sangat menentukan seorang karyawan dalam mengorganizing hal yang menyangkut dengan perusahaan dan mampu mengambil keputusan yang tepat dan efektif untuk tujuan perusahaan, serta dapat memecahkan masalah-masalah yang komplek. Skill kepemimpinan karyawan dengan ketrampilan ini tentunya sangat disukai perusahaan.
  6. Compatibility.
    Compatibility atau kompatibilitas merupakan sikap turunan dari ketrampilan kepemimpinan. Sikap mampu menyesuaikan diri dengan kondisi budaya lingkungan kerja yang komplek merupakan salah satu sikap yang menjadi penting dimiliki oleh seorang karyawaan. Misalnya, perusahaan mewajibkan karyawan mengikuti rapat mingguan pada sore hari setelah jam kerja selama 20 menit pada setiap sabtunya. Aturan ini mungkin sedikit membuat anda kesal karena anda punya aktivitas diluar. Maka sebagai karyawan anda dapat menyesuaikan aktivitas diluar pada setiap sabtunya.

    Istilah lain yang dipakai untuk karyawan yang memiliki sikap kompatibilitas adalah orang pasaran. Orang pasaran merupakan istilah untuk orang yang bisa mengatur diri dengan kondisi di sekelilingnya.
Ketrampilan dan skill yang dimiliki seorang karyawan merupakan bekal yang menjadi daya tarik perusahaan dari karyawan. Sebagai pekerja, sudah semestinya kita memperbaiki atau meningkatkan skill yang kita miliki untuk mendukung kapasitas diri dalam menghadapi berbagai persoalan kerja.

Ringkasan di atas merupakan bahagian kecil dari sekian banyak ketrampilan dan skill yang dibutuhkan perusahaan. Anda dapat mengikuti berbagai pelatihan atau kursus untuk meningkatkan kemampuan diri dalam bersaing di dunia kerja.
Semoga ringkasan ketrampilan dan skill yang harus dimiliki seorang karyawan dapat menjadi informasi tambahan yang bermanfaat. Terimakasih


Suka artikel ini ? Bagikan ke :

Google+

Plus One
0 komentar
Ketrampilan Dan Skill Yang Harus Dimiliki Seorang Karyawan