5 Kemampuan Dasar Yang Wajib Dicantumkan Dalam Resume


Resume adalah dokumen penting yang wajib disertakan dalam aplikasi kerja setiap pelamar kerja. Hal ini tentunya sudah kita bahas secara panjang lebar pada artikel Apa Itu Resume sebelumnya. Meski dalam artikel sebelumnya anda sudah mendapatkan sedikit gambaran tentang bagaimana resume kerja seharusnya. Kali ini penulis ingin memberikan informasi lebih spesifik dalam membuat resume yang baik.

Informasi apa saja yang anda cantumkan dalam resume akan menjadi poin penting bagi perusahaan dalam menilai anda. Layak tidaknya perusahaan mempekerjakan anda sebagai karyawan mereka, ini sangat bergantung pada informasi resume yang anda submit bersama surat lamaran kerja.

Resume bukanlah dokumen yang menjelaskan tentang historis pendidikan dan profil pribadi pelamar secara spesifik. Akan tetapi resume adalah dokumen penting yang di dalamnya wajib dicantumkan segudang kemampuan dan pengalaman kerja. Inilah tujuan membuat resume hakikatnya.

Pengalaman dan kemampuan yang dicantumkan dalam resume kerja (Self Skill) akan menjadi dasar informasi penting untuk perusahaan dalam merekrut anda. Informasi ini juga sangat menentukan anda apakah anda akan dipanggil untuk interview kerja atau tidak.

kemampaun yang dicantumkan dalam resume kerja, tujuan membuat resume,
Kemampuan yang dicantumkan dalam resume tentunya kemampuan pelamar yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Jika perusahaan yang dilamar bergerak di bidang design grafik, maka sebutkan kemampuan anda secara spesifik dalam hal design grafik. Misalnya kemampuan mengoperasikan adobe photoshop cs6 dll.

Meski pun setiap perusahaan membutuhkan skill pelamar yang berbeda-beda. Berikut ini adalah 5 kemampuan dasar yang wajib dicantumkan dalam resume pelamar.

Skill Dasar Yang Menjadi Penilaian Perusahaan

  1. Kemampuan Teknologi.
    Kemampuan teknologi adalah kemampuan dasar yang selalu menjadi daya tarik perusahaan dalam merekrut karyawan baru. Kemampuan atau skill dalam menguasai komputerisasi seperti kemampuan mengoperasi Microsoft Office (Microsoft Word, Excel, PowerPoint, dll) dan internet.

    Skill seperti di atas adalah skill dasar yang wajib dimiliki oleh anda. Sebab, hampir semua industri atau perusahaan yang ada saat ini menggunakan komputerisasi dan teknologi internet. So, tingkatkan kemampuan anda dalam menguasai teknologi agar tidak gaptek dan mampu bersaing dalam dunia kerja.
  2. Kemampuan Komunikasi Yang Baik.
    Kemampuan komunikasi yang baik juga menjadi tolak ukur bagi perusahaan dalam merekrut anda. Good communication skill adalah salah satu kemampuan yang akan membantu anda dalam mendapatkan pekerjaan yang anda harapkan. Asah kemampuan anda dengan memperbanyak membaca jurnal-jurnal bisnis dan latihan.

    Jika anda merasa sering kaku dalam komunikasi, latihlah diri anda di saat rilek dengan berbicara di depan cermin. Latihan seperti ini tentunya akan lebih bagus untuk memperlancar skill komunikasi anda. Dengan cara ini, anda pastinya tidak lagi kaku dalam menyampaikan ide yang ada di otak anda.
  3. Kemampuan Di Bidang Public Relations.
    Semua perusahaan selalu berhubungan dengan customer atau publik. Beginilah cara setiap perusahaan memperoleh keuntungan. Kemampuan di bidang public relations atau customer service adalah kemampuan yang menjadi penilaian perusahaan dalam merekrut anda.

    Mencantumkan kemampuan di bidang ini dalam resume anda adalah sebuah keharusan dan tidak boleh dilupakan. Industri yang bergerak di bidang outsourcing, retail, perhotelan, restoran, manufaktur dan industri yang bergerak dibidang jasa lainnya sering kali melihat poin ini sebagai poin penting dalam menjaga bisnis mereka.

    Kemampuan anda dalam melayani klien dan menjaga hubungan baik pastinya akan membantu anda mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan dan membuat perusahaan tertarik dengan anda.
  4. Kemampuan Leaderships (Managerial Skill)
    Kemampuan leaderships atau sering juga disebut sebagai managerial skill adalah kemampuan menyesuaikan diri serta kemampuan memimpin diri dan team adalah poin yang menjadi nilai plus bagi calon pelamar kerja. Pengalaman organisasi umumnya menjadi tolak ukur bagi perusahaan dalam menilai pelamar memiliki kemampuan leadeships atau tidak.
  5. Kemampuan Beradaptasi Dalam Team Kerja.
    Jika anda melamar kerja yang syaratnya harus mampu berkerjasama dengan team. Maka sebenarnya kita sedang berada pada poin ini. Meskipun kemampuan beradaptasi bersama team atau kemampaun berkejasama team adalah bagian dari turunan leaderships. Namun penulis ingin menyampaikan bahwa anda tidak alpa dalam menuliskan poin ini ke dalam resume lamaran kerja anda.

    Jika perusahaan mencari pelamar yang mampu bekerjasama dengan team. Maka tuliskan di dalam resume anda, jika anda bersedia dan mampu bekerjasama dengan team. Karena perusahaan atau industri terdiri dari banyak orang. Maka kooperation karyawan adalah hal penting dalam mencapai tujuan dan membuat perusahaan berkembang.
Demikianlah 5 kemampuan dasar yang wajib dicantumkan dalam resume. Semoga menjadi tambahan informasi bagi pencari kerja dan bisa menjadi referensi yang bermanfaat dalam membuat resume kerja. Terimakasih


Suka artikel ini ? Bagikan ke :

Google+

Plus One
0 komentar
5 Kemampuan Dasar Yang Wajib Dicantumkan Dalam Resume