Cara membuat surat lamaran kerja yang menarik pada dasarnya tidak jauh beda dengan membuat surat pada umumnya. Hanya saja setiap surat tentu memiliki tujuan yang berbeda-beda. Demikian halnya dengan membuat surat lamaran kerja.
Cara membuat surat lamaran kerja yang menarik tentunya relevan dengan tujuan surat sesuai dengan lowongan kerja. Misalnya lowongan kerja perbankan atau perusahaan BUMN; maka bahasa surat tentunya harus relevan dengan bahasa perbankan atau perusahaan BUMN dsb.
Selain itu, cara membuat surat lamaran kerja yang menarik ialah isi surat lamaran yang ringkas dan jelas, tidak ada kesalahan pada ejaan, memiliki struktur yang rapi dan menggunakan huruf standar. Lebih detailnya, berikut langkah-langkah cara membuat surat lamaran kerja yang menarik.
7 Langkah Cara Membuat Surat Lamaran Kerja
- Tempat dan Tanggal Surat
Langkah pertama membuat surat lamaran kerja yang menarik dan benar adalah dengan memulai menulis tempat dan tanggal surat di buat. Anda dapat menulisnya pada bagian paling atas kiri atau atas kanan.
Cara penulisan yang benar adalah nama kota koma (,) lalu tanggal, bulan dan tahun. Misalnya:Medan, 28 Agustus 2015 atau Jakarta, 28 Agustus 2015.
- Perihal Surat
Perihal atau hal adalah bagian yang ditulis diatas tujuan surat. Pada surat resmi perusahaan atau organisasi, bagian ini biasanya terdiri dari tiga pokok yaitu nomor surat, lampiran dan hal atau perihal. Pada surat lamaran kerja, pelamar cukup menuliskan hal atau perihal saja dan jangan menulis nomor surat dan lampiran karena struktur ini hanya digunakan pada organisasi atau instansi lainnya. - Tujuan Surat
Tujuan surat merupakan alamat surat lamaran yang dituju seperti; direktur, HRD, gubernur dll. Bagian ini terletak diatas pembuka surat. Misalnya;
Kepada Yth,
Direktur PT. Bank Tumbuh Subur
Jl. Sukarno, no.152 Jakarta Pusat - Ringkasan Pembuka
Ringkasan pembuka merupakan bagian dimana pelamar umumnya menuliskan sumber informasi lowongan kerja yang diperoleh dan posisi yang ingin dilamar sebagai pembuka komunikasi antara pelamar dan HRD perusahaan.
Ringkasan tidak harus panjang. Buatlah seringkas mungkin namun informasinya menarik dan tersampaikan. Ringkasan yang bagus itu adalah 3 atau 4 baris saja. Misalnya;
Berdasarkan informasi situs online Cikerja. Dimana PT. Bank Tumbuh Subur membuka kesempatan berkarir di bidang Field Marketing. Maka saya yang bertanda tangan dibawah ini, tertarik mengajukan diri untuk mengisi posisi yang dimaksud.
- Data Pelamar
Data pelamar ditulis dibagian bawah pengantar surat atau ringkasan pembuka. Karena surat lamaran hanya 1 halaman, maka pelamar disarankan menulis data pribadi yang penting dan relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Adapun data pelamar yang bisanya dicantumkan antara lain; nama lengkap, tempat tanggal lahir, pendidikan terakhir, alamat lengkap dan kontak.
- Syarat Lampiran
Syarat lampiran merupakan bagian dimana pelamar menyebutkan lampiran yang dilampirkan untuk kelengkapan aplikasi kerja. Misalnya; foto copy ktp, foto copy ijazah, foto copy transkip nilai, pas photo dll.
- Penutup
Penutup adalah bagian paling bawah surat lamaran kerja dimana pelamar biasanya menyampaikan harapan dan ucapan terimakasi dan tanda tangan dibawahnya. Misalnya;
Demikianlah surat lamaran ini saya buat. Besar harapan saya diberi kesempatan untuk menjelaskan secara detail tentang diri saya. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih.
Semoga informasi cara membuat surat lamaran kerja yang menarik dan benar ini dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat untuk anda yang ingin mempersiapkan surat lamaran kerja. Semoga sukses.
*Edit dan buatlah perubahan pada contoh surat lamaran kerja yang anda download, dan pastikan relevan dengan tujuan lowongan kerja yang anda maksud. Penulis tidak bertanggung jawab atas kesalahan dari dokumen atau contoh surat lamaran kerja.
0 komentar Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Menarik dan Benar