Apa Saja Yang Perlu Dilakukan Sebelum Anda Resign Kerja


Artikel ini menjelaskan apa saja yang perlu dilakukan sebelum resign dari pekerjaan. Kiat ini dimaksudkan agar dapat membantu pekerja yang ingin resign dari pekerjaan mereka sekarang ini. Sehingga dengan mengikuti cara ini, pekerja yang hendak resign pada akhirnya tidak meninggalkan kesan buruk yang akan mempengaruhi citra mereka nantinya.

Keluar masuknya pegawai pada sebuah perusahaan itu memang sudah hal yang biasa. Tentunya bermacam-ragam alasan yang melatarbelakangi dropout dan comingnya karyawan pada sebuah perusahaan. Alasan keuangan, keluarga, transmigrasi, karir dan berbagai macam alasan lainnya seperti pada alasan resign yang masuk akal tentunya sudah menjadi fenomena di dunia kerja.

Anyway, Menjaga reputasi dan kredibilitas anda sebelum meninggalkan tempat kerja anda sekarang ini merupakan hal yang harus diperjuangkan dengan cara-cara sebagai berikut:

Resign dari Pekerjaan, kiat sebelum resign dari pekerjaan, apa saja yang perlu dilakukan sebelum resign dari pekerjaan

Kiat Sebelum Resign Dari Pekerjaan

  1. Perhatikan Kontrak Kerja.
    Beberapa isi kontrak mungkin berisi resiko bagi pekerja, salah satunya adalah masa kontrak. Beberapa perusahaan membuat persetujuan kerja tentang hal ini dengan ganti rugi jika karyawan memutuskan kontrak sepihak dibawah waktu minimal yang telah ditentukan. Umumnya perusahaan menentukan waktu 3 bulan untuk kotrak tahunan dan 6 bulan untuk kontrak lebih dari 1 tahun.

    So, sebelum memutuskan resign. Pastikan masa kontrak untuk resign sudah cukup sehingga anda tidak perlu melakukan ganti rugi karena keteledoran anda dalam mengambil sikap untuk resign.
  2. Ajukan Surat Pengunduran.
    Mengajukan surat pengunduran diri idealnya sebulan sebelum take off dari kantor. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga citra anda selepasnya dan memberi waktu untuk perusahaan dalam mencari pengganti untuk mengisi posisi anda. Hal ini sangat penting diperhatikan apalagi jika posisi yang anda tempati adalah posisi penting dalam perusahaan. Dan anda pun dapat resign tanpa meninggalkan kesan negatif.
  3. Selesaikan Tugas Dengan Baik.
    Setelah anda mengabari atasan anda melalui surat pengunduran diri, selanjutnya lakukan tugas anda sebagai mana biasanya hingga sampai batas yang sudah disetujui atasan anda. Menyelesaikan tugas dan tanggung jawab sebelum anda meninggalkan kantor perlu dilakukan agar tidak terkesan anda lari dari tanggung jawab.
  4. Buatlah Daftar Tugas Untuk Handover.
    Buatlah daftar tugas dan tanggung jawab yang sudah anda selesaikan, serta buatlah list semua fasilitas kantor yang akan anda kembalikan nantinya pada hari H. Hal ini akan membuat anda lebih terarah dalam proses handover nantinya.
  5. Tinggalkan Kesan Positif.
    Tinggalkan kesan yang positif selama masa tenggang. Cobalah bekerja seperti biasanya tanpa memperlihatkan sikap malas, atau cuek terhadap pekerjaan karena anda ingin resign dari pekerjaan tsb. Hal ini perlu dilakukan sebelum anda resign dari pekerjaan agar tidak meninggalkan gosip yang tidak diinginkan.
  6. Mintaklah Referensi.
    Sebelum meninggalkan kantor, mintalah referensi kerja kepada atasan anda. Hal ini tentunya akan bermanfaat untuk anda dalam mencari pekerjaan baru setelah resign nantinya.
  7. Pamitan Dengan Bos dan Teman Kerja.
    Pada hari H, pamitlah dengan atasan dan teman kerja anda mungkin dengan sekedar salaman atau cupika-cupiki. Hal ini untuk meninggalakan kesan positif. Melakukan hal ini mungkin anda akan dirindukan oleh perusahaan.
  8. Menjaga Komunikasi.
    Meskipun anda sudah resign dan take off dari perusahaan, menjaga komunikasi dengan atasan dan teman kerja sebaiknya juga menjadi perhatian yang tidak semestinya dilupakan. Cobalah menelpon atau mengirim sms kepada atasan dan teman kerja saat libur atau hari raya walau hanya sekedar menanyakan kabar. Hal ini memungkinkan anda untuk kembali bekerja di perusahaan tersebut jika anda sulit menemukan pekerjaan baru nantinya.
Poin penting yang harus diperhatikan sebelum anda resign dari perusahaan adalah meninggalkan kesan yang positif kepada atasan dan teman kerja. Inilah attitude yang baik yang dilakukan oleh banyak orang sebelum resign dari pekerjaan mereka. So, do the tips dan kiat.

Semoga informasi dalam artikel apa saja yang perlu dilakukan sebelum anda resign dari pekerjaan ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk anda. Terimakasih


Suka artikel ini ? Bagikan ke :

Google+

Plus One
0 komentar
Apa Saja Yang Perlu Dilakukan Sebelum Anda Resign Kerja