Begini Cari Kerja dan Melamar Pekerjaan Secara Online


Info lowongan kerja sering terpampang diberbagai media atau portal lowongan kerja online. Situasi ini pastinya akan lebih memudahkan bagi pelamar kerja dalam memilih pekerjaan yang tepat sesuai dengan harapan pelamar. Tips cari kerja dan melamar pekerjaan secara online ini dimaksudkan untuk memberi informasi tambahan untuk anda yang sedang mencari kerja pada instansi atau perusahaan tertentu.

Saat ini, banyak sekali perusahaan atau instansi yang membutuhkan karyawan biasanya akan membuka lowongan kerja mereka di media online atau melakukan rekrutmen secara online melalui iklan atau media loker online.

Info cari kerja secara online, Tip mencari kerja secara online
Bagi anda pencari kerja, suasana ini tentunya sangat menguntungkan. Dengan searching pekerjaan secara online, tentunya akan menghemat energi anda dalam melamar pekerjaan yang qualified untuk anda.

Dalam proses recruitment employer, setiap perusahaan memiliki cara yang berbeda dalam memilih (recruitment) karyawaan mereka. Ini tentunya sesuai dengan standar rekrutmen pada perusahaan mereka masing-masing. Dan umumnya, ada 2 cara. Pertama, Perusahaan melakukan proses seleksi administrasi secara online. Dan hanya calon pelamar yang qualified yang dipanggil.

Ke dua, perusahaan melakukan rekrument secara online sedangkan proses administrasi secara offline, atau langsung dikirim ke kantor perusahaan dimana anda melamarnya. Hal terpenting dari kedua cara ini adalah, anda benar-benar memperhatikan teknis yang dimainkan perusahaan. Sehingga anda tidak akan ketinggalan informasinya.

Namun demikian, permasalahan yang menjadi tantangan berikutnya adalah ketatnya persaingan. Justru itu, pencari kerja diharapkan mempersiapkan diri dalam menghadapi setiap tahapan pengujian sesuai dengan bidang atau posisi yang dilamar.

Banyak pelamar yang gagal dalam melamar pekerjaan secara online disebabkan oleh hal-hal kecil, seperti kurang ketelitian, ceroboh dan tergesa-gesa. Untuk menghindari hal ini, berikut beberapa tips cari kerja secara online.

Kiat Melamar Lowongan Kerja Secara Online

  1. Googling Pekerjaan yang Anda Maksudkan di Google.
    Google dapat membatu anda menemukan pekerjaan yang cocok untuk anda. Dengan menggunakan search engine paling populer ini, anda hanya perlu mengetik pekerjaan yang anda inginkan. Misalnya, lowongan kerja BUMN, lowongan kerja BPJS dan lain sebagainya. Selanjutnya anda akan disungguhkan sederetan informasi yang anda maksudkan. Silahkan sortir satu per satu hasil yang ditampilakan.
    Info cari kerja secara online, Tip mencari kerja secara online
  2. Cari Lowongan Kerja di Website Loker.
    Ada banyak sekali media online yang memberikan informasi lowongan kerja kepada pencari kerja. Misalnya seperti Jobstreet, JobBD dan masih banyak lagi. Melalui portal seperti ini, Anda pun dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan informasi atau mencari lowongan kerja.
  3. Cari Pekerjaan Melalui Sosmed.
    Sosial media (Sosmed) seperti Facebook, Twitter, dll; juga dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan info lowongan pekerjaan secara online. Anda akan melihat update informasi mereka, setelah anda bergabung atau join dengan group tersebut.
  4. Perhatikan Proses Rekrutmen yang Dilakukan.
    Perhatikan proses penerimaan tenaga kerja yang dilakukan. Apakah perusahaan melakukan rekrutmen dengan cara pertama atau cara kedua seperti di atas. Jika perusahaan membuka lowongan kerja dengan cara ke dua, maka sempatkan diri anda untuk menghubungi perusahaan walau hanya sekedar menanyakan apakah aplikasi anda sudah diterima atau tidak. Tips ini akan menjadi nilai plus untuk anda pencari kerja.
  5. Perhatikan Syarat-Syarat yang Dibutuhkan.
    Syarat yang dibutuhkan perusahaan dalam proses penerimaan pekerja hal mutlak yang tidak boleh selah dan harus dipenuhi oleh pelamar. Sebagai pencari kerja, anda harus memperhatikan dengan seksama syarat-syarat yang dimintak. Misalnya, disiplin ilmu yang dibutuhkan (lulusan), ketentuan IPK, akreditasi, model surat lamaran, jenis dan ukuran pas foto, besar ukuran file yang disubmit, dan syarat-syarat lainnya.
  6. Pastikan Melakukan Pendaftaran dengan Benar
    Penjelasan ini biasanya tertera secara jelas pada setiap info lowongan kerja. Anda hanya perlu memperhatikan proses yang ditentukan oleh perusahaan dimana anda melamar pekerjaan.
  7. Kontak Perusahaan Bila Ada yang Tidak Jelas.
    Beberapa informasi lowongan kerja secara online biasanya menyertakan nomor kontak perusahaan yang bisa dihubungi pada iklan lowongan kerja mereka. Jika ada hal yang tidak diterangkan atau ada pertanyaan yang ingin anda tanyakan, maka anda bisa menghubungi perusahaan melalui kontak yang diberikan.

    Menghubungi perusahaan untuk menanyakan hal-hal kecil sekalipun akan menjadi membuat anda lebih mudah dan menjadi nilai plus untuk anda dari peusahaan tempat anda melamar. Perusahaan akan menilai anda serius untuk bekerja di perusahaan mereka. Inilah sebenarnya tips yang jarang dilakukan oleh pencari pekerjaan di Indonesia. Di negara-negara maju, tips ini sudah menjadi trend paling manjur dalam mencari kerja. Semoga anda menjadi prioritas perusahaan dalam melakukan rekrutmen setelah melakukan tips-tips mencari pekerjaan diatas.
Selamat mencoba, semoga tips mencari kerja dan melamar pekerjaan secara online diatas dapat membantu anda dalam melamar pekerjaan.

Suka artikel ini ? Bagikan ke :

Google+

Plus One
3 komentar
Begini Cari Kerja dan Melamar Pekerjaan Secara Online
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

artikelnya sangat bermanfaat
bagi pembaca yang berdomisili di Jateng atau DIY dan sedang mencari kerja bisa mengunjungi situs kami

lokerjatengdiy.com

terima kasih :)