Kesalahan dalam mengirim lamaran kerja melalui email dapat menjadi alasan perusahaan tidak tertarik merekrut pelamar. Untuk menghindari hal ini, anda tentunya sudah mendapatkan gambaran dari beberapa artikel sebelumnya.
Teknologi informasi ternyata telah membawa perubahan yang sangat pesat. Banyak perusahaan yang sudah menggunakan teknologi informasi untuk bisnis mereka, dan salah satunya dalam hal melakukan rekrutmen karyawan. Demikian halnya dengan pencari kerja, tidak sedikit yang mencari informasi lowongan kerja yang juga memanfaatkan teknologi informasi (internet) dalam mencari solusi mereka.
Justru itu, mengetahui dan memahami cara memanfaatkan teknologi informasi dengan baik sudah semestinya dipahami oleh setiap individu. Hal ini tidak hanya sebatas mencari pekerjaan, namun hal-hal baru seperti ini juga akan digunakan saat anda eksis di dunia kerja nantinya.
Well, berikut ini 5 tips mengirim lamaran kerja via email yang penting diperhatikan oleh pencari kerja.
Tips Mengirim Lamaran Kerja Via Email
- Gunakan Email Profesional
Perusahaan akan lebih mudah mengingat pelamar dengan email professional. Email professional tidak berarti email hosting saja, namun anda dapat menggunakan email gratis seperti gmail dan yahoo namun dengan nick name pelamar sendiri. Misalnya, budi_utomo@..., atau budi.utomo@...
Hindari menggunakan email dengan nick name yang aneh seperti cantik_manis@... Atau ganteng_banget@... Dll. Pelamar terlihat tidak professional ketika menggunakan alamat email dengan nick yang aneh. Hal ini bisa membuat perusahaan kurang tertarik dengan pelamar. - Buatlah Forwarding Email Yang Menarik.
Forwarding email tidak jauh beda dengan membuat surat lamaran kerja atau cover letter. Namun tidak juga seformal cara membuat cover letter. Forwarding email dapat dibuat dengan dangat ringkas dan komunikatif.
Pelamar tidak perlu menceritakan pengalaman kerja atau prestasi kerja atau memberikan informasi data pribadi secara lengkap pada forwarding email. Toh semua data telah ada dalam file yang dikirim pelamar. So, forwarding email cukup dibuat dengan ringkas dalam bahasa yang komunikatif. Misalnya;
Dengan Hormat,
Berdasarkan informasi dari situs Cikerja, bahwa PT. Cikerja Mandiri memberikan kesempatan berkarir untuk posisi Sales Marketing. Maka dengan ini saya yang namanya tertera dibawah ini, mengajukan diri untuk mengisi posisi kerja yang ditawarkan di perusahaan Bapak/ Ibu.
Nama: Budi Utomo
Pendidikan: Sarjana Ekonomi
Berikut saya lampirkan (attachment) kelengkapan sesuai persyaratan yang ditentukan. Bila dikehendaki, saya bersedia hadir untuk menjeaskan lebih detail mengai data pribadi saya
Hormat saya,
Budi Utomo.
- Perhatikan Ukuran File Attachment
Jik perusahaan menentukan file attachment, maka akan memudahkan anda untuk menyesuaikan ukuran file attachment yang akan dikirim. Namun jika tidak pastikan ukuran file anda tidak melebihi dari 3mb. - Sesuikan Nama File dengan Dokumen
Tips selanjutnya dalam mengirim lamaran via email adalah menyesuaikan nama file dengan dokumen. Berilah nama file sesuai dengan dokumen yang diminta, misalnya; dokumen ijazah dengan nama file Ijazah, file foto dengan nama file Pas photo dan seterusnya. - Pastikan Alamat Email Tujuan Benar
Selanjutnya, pastikan email tujuan dengan benar. Perhatikan setiap huruf, titik atau karakter alamat email tujaun ditulis dengan benar. Kesalahan mengetik alamat email meskipun hanya titik dapat menyebabkan email anda tidak tersampaikan atau gagal dikirim ke alamat recruitment.
Jika perusahaan menyertakan alamat email cc, maka pastikan anda mengirimkan cc ke alamat email yang di mintak perusahaan. - Bungkus File Dengan Zip atau Rar.
Jika file attachment terlalu banyak seperti surat lamaran, ijazah, resume pas photo dan dokumen lainnya. Maka bungkus dokume tersebut dengan menggunakan file zip atau rar.
Membungkus dokumen dalam file zip atau rar akan membantu anda memudahkan melakukan attachment dan akan juga memudahkan perusahaan saat mendownload file yang anda kirim. Selain itu, menggunakan zip dan rar akan membantu mengkompres data dan membuat data lebih kecil dari seharusnya.
0 komentar Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Melalui Email Yang Benar