Beginilah Perbedaan CV (Curriculum Vitae) dan Resume


Perbedaan CV dan Resume sering kali membingungkan. Sebab kedua dokumen ini memiliki tujuan yang sama dan memiliki format yang sama dalam memberikan informasi. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, penulis ingin memberikan sedikit gambaran tentang perbedaan cv dan resume semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

Di negara Pamansam atau yang dikenal dengan USA, cv dan resume merupakan dokumen yang tidak ada bedanya. Kedua dokumen ini dinilai sama dalam tujuan dan fungsinya. Namun lain halnya di Indonesia. Di negara kita, cv dan resume memiliki sedikit perbedaan walau banyak kesamaan.

Setelah membedakan kedua pokok masalah ini, semoga anda lebih memahami perbedaan cv dan resume. Sehingga dalam melamar pekerjaan, nantinya anda akan lebih mudah membuat cv atau resume (salah-satunya) sesuai dengan persyaratan yang diminta perusahaan.

perbedaan cv dan resume, apa perbedaan cv dan resume, persamaan cv dan resume

Perbedaan antara CV dan Resume

Perbedaan cv dan resume sangat perlu dipahami oleh pencari kerja guna menghindari misunderstanding dalam melengkapi dokumen atau surat lamaran kerja. Kesalahan melengkapi dokumen yang diminta tentunya bisa berakibat fatal bagi pencari kerja. Kondisi ini mengakibatkan pelamar tidak dipanggil dalam wawancara kerja dan gagal menjadi karyawan di perusahaan yang dilamar.

Untuk menghidari kondisi yang tidak diinginkan di atas, pastikan anda membaca secara seksama semua persyaratan yang diminta perusahaan. Apakah perusahaan meminta cv atau resume? jika perusahaan memintak cv maka persiapkan cv dan dokumen yang diminta lainnya lalu submit ke perusahaan yang ingin dilamar.

Perbedaan CV dan resume bisa dicermati dari poin-poin berikut ini;
  • CV menyediakan informasi tentang pelamar secara detail. Sedangkan resume hanya memberikan short view saja. Lihat Tips menulis cv lamaran kerja
  • Resume umumnya tidak lebih dari dua halaman A4. Sedangkan CV bisa jadi tiga halaman A4 tergantung pada banyaknya informasi tentang pendidikan, pengalaman kerja dan informasi lain tentang si pelamar.
  • Resume bersifat rangkuman yang bernilai promosi. Dalam resume hanya disediakan informasi yang relevan dengan bidang pekerjaan yang dilamar. Sedangkan cv umumnya detail tentang biografis pelamar dan sifatnya up to date. Jika pelamar memiliki pengalaman baru atau mengikuti pelatihan baru, maka tinggal mengupdate ke dalam cv lamaran kerjanya.
  • CV umumnya dibuat dalam bentuk list atau daftar. Sedangkan resume dibuat dalam bentuk rangkuman yang menjelaskan tentang pelamar kerja. Lihat penjelasan tentang apa itu resume lamaran kerja?

Persamaan CV dan Resume

Meskipun memiliki perbedaan, namun kedua dokumen ini juga memiliki persamaan. Persamaan yang dapat ditemukan pada kedau dokumen ini antara lain; pertama. Dokumen ini memiliki fungsi yang sama. Yaitu sama-sama dokumen pelengkap aplikasi kerja atau berkas lamaran kerja.

Persamaan kedua; Kedua dokumen ini sama-sama memberikan informasi tentang profil pelamar, pendidikan, pengalaman kerja, prestasi dan informasi lain yang umum kita lihat dalam ke 2 dokumen ini. Hanya saja penyajiannya yang berbeda seperti yang kita bahas di atas dan beberapa artikel sebelumnya.

Demikian informasi tentang perbedaan CV dan Resume, semoga dapat menjadi informasi tambahan khususnya bagi anda pelamar kerja yang sedang bingung membedakan perbedaan cv dan resume. Terimakasih sudah berkunjung ke CIKERJA

Suka artikel ini ? Bagikan ke :

Google+

Plus One
0 komentar
Beginilah Perbedaan CV (Curriculum Vitae) dan Resume