Hal Yang Wajib Di Ketahui Oleh Pekerja Pada Usia Muda


Usia muda adalah usia produktif untuk menyusun impian masa depan. Bekerja pada usia muda pastinya akan lebih baik untuk perkembangan diri dalam mendidik mental, kemampuan dan kemampuan. Anda memang tidak bisa spontan menjadi bos pada perusahaan dimana anda bekerja, bekerja di usia muda membutuhkan mentor, pengarah, penasehat untuk mendidik anda lebih terampil dalam mengerjakan tugas-tugas yang diembankan. Hal yang paling menarik bekerja di usia muda adalah semangat kerja di usia muda lebih energik, dan fokus.

Buang semua rasa ketakutan dan perasaan tidak PD dalam bekerja di usia muda. Mintalah seorang senior di perusahaan anda bekerja untuk menasihati anda dalam melakukan tugas-tugas yang mungkin baru selama anda bekerja. Cara ini akan lebih baik untuk menghindari kecerobohan dalam anda bekerja. Serta teruslah belajar dari orang-orang yang sukses dalam bekerja, pelajari apa rahasia sukses dalam bekerja yang mereka lakukan.
pekerja usia muda, bekerja pada usia muda, harus bekerja di usai muda, alasan bekerja di usia muda
Impian pastinya mustahil untuk di raih jika masa muda terbuang sia-sia. Belajar adalah hal penting yang menjadi kata kunci yang harus selalu dipegang oleh setiap individu yang bekerja di usia muda. So, Belajar dan Impian adalah dua kata yang tidak bisa dipisahkan dalam mencapai kesuksesan.

Kesuksesan hanya bisa dicapai dengan kerja keras. Kalimat ini sering membuat pekerja usai muda merasa stress. Seakan-akan, kerja keras adalah kerja banting tulang dan mati-matian untuk mencapai sukses. Padahal sukses atau kesuksesan dalam bekerja yang dimaksud adalah anda menikmati pekerjaan anda, dan dapat menyelesaikan tugas tepat waktu.

Back to basic. Di bawah ini adalah beberapa hal penting yang harus diketahui pekerja usai muda, mengapa mereka harus bekerja di usia muda.

Alasan Penting Mengapa Bekerja Di Usia Muda

  1. Mengasah Ketrampilan.
    Bekerja di usai muda adalah proses pembelajaran dan awal dalam mengasah bakat yang dimiliki. Dalam beberapa kasus, tidak semua pekerja bekerja sesuai bakat. Namun, bakat mereka bisa disesuaikan dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Mengasah bakat untuk menjadi pekerja yang terampil dalam menyelesaikan tugas yang diembankan seharusnya dimulai dari sekarang.
  2. Pendewasaan Diri Dalam Bekerja.
    Bekerja pada usia muda juga merupakan proses untuk mendidik kedewasaan diri. Artinya, proses ini adalah tahapan yang harus dilalui pekerja usia muda dalam mendidik diri lebih sabar, disiplin, ulet dan terampil dalam menyelesaikan pekerjaan.

    Secara tidak langsung, ketika anda terjun ke dunia kerja. Anda telah hidup di bawah tekanan tugas-tugas dan tanggung jawab. Dan tentunya, pada tahapan ini anda sedang berupaya untuk mendidik diri untuk hidup lebih disiplin, tidak mengeluh dan tidak manja.
  3. Meningkatkan Percaya Diri (PD).
    Bekerja usia muda artinya anda sedang menyusun berbagai pengalaman dan ketrampilan kerja. Pada awalnya memang terasa sangat sulit. Anda harus menyesuaikan kemampuan anda dengan tanggung jawab, anda harus menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja dsb. Namun, pada akhirnya proses ini akan meningkatkan percaya diri anda dalam menyelesaikan tugas dan berinteraksi dengan karyawan lainnya.
  4. Meningkatkan Keberanian.
    Pada usia muda, seringkali pekerja pada usia ini takut mengambil risiko, takut di marah bos, takut salah dan lain sebagainya. Ini adalah perasaan yang harus di singkirkan. Dengan bekerja di usia muda, sebenarnya anda sedang melatih diri untuk menjadi pribadi yang lebih berani dengan ketrampilan, percaya diri dan kemampuan yang anda miliki.

    So, ingat!!! untuk menjadi pekerja yang berani dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab dan mampu menyelesaikan tugas dengan baik, maka kita harus mulai mengasah kemampuan diri sejak usai muda.
  5. Melatih Kecerdasan Pikiran.
    Kemampuan dan kecerdasan berfikir pekerja usia muda dapat dibilang masih sangat lebay. Namun bekerja di usai muda adalah salah satu proses dalam mendidik dan melatih diri untuk lebih cerdas dalam setiap tindakan dalam bekerja. Cerdas tidak harus pintar, meskipun orang pintar sebenarnya lebih banyak cerdas. Anyway, kesungguhan anda dalam mengerjakan setiap tanggung jawab adalah poin penting dalam mengubah diri menjadi pribadi yang cerdas.
  6. Melatih Tidak Mudah Stres.
    Alasan lain mengapa kita harus bekerja di usai produktif adalah untuk melatih diri agar terbiasa menghadapi setiap persoalan kerja. Ada begitu banyak persoalan dalam dunia kerja. Ada yang mudah diselesaikan, ada juga yang menguras tenaga dan fikiran yang tidak sedikit yang terkadang membuat pekerja merasa stres, bosan dan perasaan tidak mood lainnya.

    Persoalan ini adalah proses mendidik dan melatih diri dalam pekerjaan agar di kemudian hari anda tidak akan merasakan stres karena sudah terbiasa dengan persoalan dalam kerja.
  7. Melatih Diri Untuk Menghargai Waktu.
    Menjadi seorang pekerja muda, mau tidak mau anda memiliki tanggung jawab untuk tugas anda. Misalnya, anda harus masuk kantor jam 8 pagi dan pulang jam 5 sore untuk setiap harinya mulai senin sampai jum'at. Dengan begitu, anda pastinya harus tidur lebih cepat pada malam hari agar tidak bangun kesiangan dan telat ke kantor.

    Latihan seperti ini pastinya akan memaksa kebiasan anda sejak muda. Dengan demikian, anda pun akan terbiasa dan menjadi pekerja yang berhasil dalam mengatur waktu (time management). Cara ini tentunya akan lebih mudah bagi anda dalam membagi waktu untuk kerja, waktu bersama keluarga, dan teman.
Pastinya masih sangat banyak alasan dan manfaat lainnya dari melatih diri bekerja di usia muda. Alasan di atas hanyalah sebagian kecil yang penulis tuliskan untuk pekerja muda semoga dapat menjadi tambahan dan motivasi dalam bekerja.

Bekerja di usia muda adalah tahapan untuk mendidik diri menjadi pekerja yang handal terampil dan berhasil. Sukses tidak diraih dengan cara instan. Sabar dan tekun serta serius dalam menjalankan tanggung jawab pekerjaan merupakan tahapan yang harus dilalui untuk mencapai kesuksesan. Pada akhirnya, Insya Allah anda akan segera menghampiri kesuksesan yang merupakan impian dari semua pekerja.

Jika anda sudah bekerja di usia muda, maka bersyukurlah karena anda tidak harus menguras energi lagi seperti mereka yang mencari informasi lowongan kerja ke sana kemari tapi belum menemukannya. So, Do the best for your life. Terimakasih



Suka artikel ini ? Bagikan ke :

Google+

Plus One
0 komentar
Hal Yang Wajib Di Ketahui Oleh Pekerja Pada Usia Muda