Catatan Penting Kalau Kerja Sambil Kuliah Untuk Mahasiswa


Kerja sambil kuliah! Why not, toh kuliah untuk kerja bukan? Orang sukses adalah orang yang bisa melakukan banyak hal dalam 24 jam. Setiap kita memiliki waktu dan kesempatan yang sama untuk mencapai tujuan, hal ini tidak terkecuali bagi seorang mahasiswa. Tidak jarang kita temui seorang mahasiswa yang justru sukses secara financial karena mereka tidak berada di zona nyaman dengan fasilitas yang diberi orang tua saat kuliah. Tapi kebanyakan mahasiswa yang justru takut keluar dari zona nyaman dan akhirnya susah payah mendapatkan pekerjaan setelah kuliah.

Pelajaran ini tentunya menjadi iktibar bagi kita agar tidak menjadi bagian dari kebanyakan orang. Jadilah orang unik yang sukses dengan waktu dan uang bahkan sejak dibangku kuliah.

Bila anda ingin bekerja sambil kuliah, menurut penulis ini bukanlah ide yang jelek. selain bisa menambah uang jajan, mengurangi beban orang tua. Bekerja sambil kuliah akan melatih pribadi anda menjadi orang yang terampil dalam dunia kerja nantinya.

kerja sambil kuliah, ingin kerja sambil kuliah, tips kerja sambil kuliah,
Bekerja sambil kuliah tentunya sudah dipraktekkan oleh orang-orang sebelum kita. Kebanyakan dari mereka memiliki networking yang luas dan terampil dalam dunia kerja karena menjalankan ide bekerja sambil kuliah. So, jika mereka bisa, seharusnya anda juga. Namun demikian, ada catatan penting yang harus diingat jika anda memutuskan bekerja sambil kuliah. Hal ini dimaksudkan agar anda tidak menyalahkan sisi tertentu dari keputusan yang telah anda buat.

Cara Sukses Bekerja Sambil Kuliah

  1. Jenis pekerjaan
    Tidak semua jenis pekerjaan cocok untuk mahasiswa, lihat cara mencari lowongan kerja part time. Orang tua merasa dibohongi ketika anaknya yang justru bekerja dan mengabaikan kuliah. karena semua biaya untuk fasilitas kuliah justru ditanggung orang tua, terkecuali biaya kuliah dan beban hidup, anda tanggung sendiri.

    Intinya, anda harus lebih selektif dalam memilih jenis pekerjaan yang cocok seperti kerja part time. Sehingga nantinya anda bisa mengatur waktu untuk bekerja dan kuliah dan tidak ada masalah atau keberatan dengan atasan atau perusahaan.

    Saat ini, ada banyak perusahaan atau pemiliki bisnis yang senang memperkerjakan mahasiswa, apalagi orang yang ulet seperti anda. So, jangan khawatir akan keringnya lowongan kerja untuk mahasiswa seperti anda.
  2. Mengatur Waktu
    Bekerja sambil kuliah memang sedikit merepotkan. Anda tentunya tidak bisa seperti mereka yang santai atau berlama-lama di warung kopi atau di café pada jam tertentu (jam kerja). Dalam kondisi ini, sebagai seorang MP (mahasiswa dan pekerja) anda tentunya harus lebih menghargai waktu karena keputusan yang sudah anda buat sebelumnya yaitu bekerja sambil kuliah.

    Intinya, mengatur waktu untuk bekerja dan kuliah adalah sangat penting diperhatikan oleh siapa pun yang sudah memutuskan bekerja sambil kuliah. jika perlu, buatlah latihan semacam rencana harian (daily plan) secara tertulis untuk melatih diri anda dan bisa lebih fokus dalam urusan waktu.
  3. Disiplin
    Disiplin dalam mengatur waktu dan rencana yang sudah dibuat tentunya menjadi fokus penting yang akan membawa seorang mahasiswa dan pekerja pada tujuan akhirnya. Rasanya belum ada sejarah kesuksesan yang dibuat seseorang kecuali didalam nya selalu ada disiplin.

    So, laksanakan rencana yang sudah anda buat dengan disiplin dalam menjalankannya. Sebagai orang dengan dua profesi, tentunya anda sangat disarankan supaya dapat menjaga komunikasi yang baik dengan atasan. Hal ini bertujuan agar anda bisa lebih tenang dalam belajar dan akan memudahkan atasan anda dalam mengambil keputusan jika anda ingin dilibatkan didalam rencana atau proyek baru.
Semoga informasi bekerja sambil kuliah untuk mahasiswa ini, bisa menjadi tambahan informasi khususnya untuk mereka yang memilih bekerja sambil kuliah atau yang sudah memutuskan dua profesi sebagai mahasiswa dan pekerja. Semoga sukses


Suka artikel ini ? Bagikan ke :

Google+

Plus One
0 komentar
Catatan Penting Kalau Kerja Sambil Kuliah Untuk Mahasiswa